Puskesmas Jenu Dinobatlan Puskesmas Berprestasi dan Nakes Teladan 2019

Reporter: Ali Imron

 

blokTuban.com - Puskesmas berprestasi merupakan puskesmas yang berhasil mencapai prestasi. Meliputi kinerja tinggi yang sesuai dengan fungsi puskesmas dan memenuhi kriteria standar program yang telah ditentukan.

 

Juga melakukan upaya peningkatan mutu, mempunyai upaya pengembangan, mendapat pengakuan dari masyarakat serta memiliki tata lingkungan yang baik.

 

Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 2048 tahun 2011, tentang Penganugerahan Tanda Penghargaan Bidang Kesehatan, berdasarkan pasal 6 ayat (3) dan ayat (6) yang menyebutkan, bahwa Menteri dapat memberikan penghargaan kepada tenaga kesehatan, dan institusi kesehatan yang berprestasi.

 

Salah satunya, penghargaan yang diberikan kepada institusi kesehatan yang berprestasi adalah Penghargaan terhadap puskesmas berprestasi.

 

Hal itupun langsung ditindaklanjuti oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban, dengan melaksanakan penilaian kepada Puskesmas yang berprestasi di tingkat kabupaten.

 

Untuk menentukan bahwa puskesmas memiliki prestasi, dalam melaksanakan program kerja bidang kesehatan, tentu harus layak menjadi teladan bagi puskesmas lainnya, maka dari itu harus dilakukan penilaian terhadap FKTP/puskesmas berprestasi se- Tuban.

 

Penilaian FKTP/puskesmas berprestasi, merupakan suatu upaya penilaian proses dan kinerja, baik secara institusi maupun perorangan yang dilakukan oleh tim penilai, secara berjenjang dari tingkat kabupaten.

 

Penilaian puskesmas berprestasi dilaksanakan mulai tanggal 2- 4 Oktober 2019. Rabu, 16 Oktober 2019 Tim Penilai FKTP Berprestasi tingkat kabupaten melakukan penilaian ke Puskesmas Jenu.

 

Indikator yang menjadi penilaian antara lain administrasi manajemen, penyelenggaraan upaya puskesmas, upaya penyelenggaraan pelayanan kesehatan perorangan, kinerja puskesmas, dan upaya kesehatan masyarakat pengembangan, upaya inovasi dan penghargaan.

 

Dalam pelaksanaan penilaian, tidak hanya puskesmas saja yang dinilai tetapi juga tenaga kesehatan yang telah diajukan oleh puskesmas untuk menjadi nominasi tenaga kesehatan teladan.

 

Puskesmas Jenu mengajukan tiga tenaga kesehatan teladan dalam penilaian ini, yaitu antara lain Tenaga Dokter, Perawat, dan Bidan.

 

Dari seleksi puskesmas berprestasi di atas Puskesmas Jenu berhasil menyabet penghargaan Puskesmas berprestasi dan nakes teladan 2019.

 

Sedangkan nakes teladan berhasil diraih oleh dr. Dede Kurniawati sebagai Dokter Teladan, Prihatin, Amd.Keb sebagai Bidan Teladan, dan Irawan, Amd.Kep Sebagai Perawat Teladan. Penyerahan penghargaan dilaksanakan bersamaan denga Hari KORPRI di pemkab Tuban.

 

“Semoga prestasi yang diperoleh dapat di tingkatkan dan Puskesmas Jenu dapat menjaga mutu layanan," harap dr Dede yang juga  Kepala Puskesmas Jenu. [ali/ono]