Bupati: Tuban Unggul di Bidang Ketahanan Pangan

Reporter: Nidya Marfis H.

blokTuban.com - Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW, Bupati Tuban sebut Tuban unggul di bidang ketahanan pangan, berlokasi di Pendopo Krasidenan Tuban.

 Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Tuban, Wakil Bupati Tuban, Forkompimda dan seluruh karyawan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Tuban.

Bupati Tuban, Fathul Huda mengatakan, tahun ini Tuban mendapatkan penghargaan di bidang ketahanan pangan lagi,  hal tersebut tentunya berkat kerja keras OPD yang selalu melakukan inovasi.

"Ini bukan yang pertama, sudah sering kita mendapatkannya tentunya berkat inovasi kalian,"ungkap Bupati Tuban. Selasa,(19/11/2019) sore.


Lebih lanjut, hal tersebut dikarenakan Tuban mempunyai produksi jagung yang terbaik juga produksi daging yang terbaik, bahkan siklus daging di Tuban mencapai 75 persen. "Disaat nasional kesulitan daging, bahkan import besar - besaran,"ungkapnyan.

Selain itu,  padi di Tuban mencapai siklus 45 persen, meski setia tahun lahan di Tuban berkurang samapi 50 hektar pertahun. "Lahan kita semakin berkurang, tapi hasil padi semakin meningkat,"imbuhnya.


Hal tersebut, karena inovasi dari berbagai instansi yang terkait yang selalu melakukan inovasi salah satunya, meluaskan luas tanam. Meskipun lahan jagung hanya 60 ribu hektar, namun hasil yang diperoleh sebanding dengan tanaman jagung di lahan 100 hektar.

"Ada inovasi - inovasi baru,  sebelum panen sudah menanam di bawahnya,"ujarnya.


Bupati dua periode menambahkan, hal yang paling membanggakan lagi sebelumnya bibit jangun di Tuban impor dari Negara Hindia, namun pada tahun ini Kabupaten Tuban berhasil mengembangkannya denga uji coba menanam 82 hektar dan pada masa tanam ke dua akan dilanjutkan 100 hektar.

"Selanjutnya 1000 hektar, sehingga Tuban menjadi kabupaten yang pertama eksportir bibit jagung,"tandasnya. [nid/ito]