BMKG Tuban Prediksi Musim Penghujan di Bulan ini, Berikut Penjelasanya

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Meski awal bulan November lalu bampir seluruh wilayah di Kabupaten Tuban telah diguyur hujan lebat. Namun, hal itu tidak menandakan bila musim kemarau di wilayah Bumi Wali telah berakhir.

Pasalnya, pasca hujan lebat yang mengguyur hampir seluruh wilayah Tuban kemarin itu hingga saat ini tidak terjadi hujan lagi. Bahkan, cuaca panas masih terjadi seperti pada musim kemarau sebelumnya.

Menanggapi hal itu, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisikan (BMKG) Kabupaten Tuban menyampaikan bahwa sesuai dengan prediksi dari BMKG Jawa Timur. Musim penghujan bukan jatuh pada awal bulan November.

"Prediksi BMKG Jawa Timur khususnya Tuban musim penghujan masuk pada November Das harian 3 (Akhir November) di wilayah Tuban Selatan dan Desember Das harian 1 (Awal Desember) Tuban wilayah Utara," ujar Kepala BMKG Tuban, Desindra Deddy Kurniawan, Senin (18/11/2019).

Dia juga menambahkan, cuaca panas yang terjadi di wilayah Kabupaten Tuban ini terjadi sebab, di wilayah Tuban ini masih berada dimusim kemarau dan posisi matahari masih berada di selatan.

"Tuban masih masuk musim kemarau, jadi untuk hujan kemarin itu adalah masa transisi atau musim pancaroba," pungkasnya.[hud/ito]