Tunaikan Nadzar, Gus Acid Jalan Kaki Bangil Pasuruan Menuju PBNU

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Muhammad Nashih Damhudi atau yang akrab disapa Gus Acid Canga'an menunaikan nadzarnya untuk berjalan kaki dari Bangil, Pasuruan menuju ke Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) di Jakarta.

Perjalanan kaki Gus Acid ke PBNU tersebut dalam rangka menunaikan nadzar usai mengikuti Pelatihan Kader Penggerak Nahdlatul Ulama (PKP NU) yang diselenggarakan oleh PCNU Bangil.

Selain itu, juga untuk memberikan motivasi kepada kader GP Ansor dan Banser untuk selalu istiqomah dalam berkhidmah di NU.

"Saya berjalan kaki menuju ke PBNU ini untuk menunaikan nadzar, yang mana setelah mengikuti PKP NU saya ingin sowan ke PBNU," terang Gus Acid usai ziarah di Makam Asmoro Qondi Desa Gesikharjo, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Kamis (14/11/2019).

Selain berjalan kaki menuju ke PBNU di Jakarta. Dalam perjalanan spiritualnya itu, Gus Acid juga melakukan napak tilas ke beberapa makam sesepuh NU serta ke makam para wali di kota yang menjadi jalur perjalanannya menuju PBNU.

"Napak tilas saya ke makam para sesepuh NU ini, untuk mengingat perjuangan mereka," jelasnya.

Menurutnya, dalam perjalanan menuju ke PBNU tersebut, dia telah mendapatkan restu dari keluarga. Bahkan, selama perjalanan dari Bangil sampai ke Tuban ini tidak ada halangan maupun hambatan dan respon dari sahabat GP Ansor dan Banser di masing-masing daerah sangat luar biasa.

"Alhamdulillah selama perjalanan dari Bangil sampai Tuban tidak ada halangan. Targetnya dalam waktu sekitar 3 minggu saya sampai di PBNU," imbuh pria berambut panjang itu.

Gus Acid juga berharap dalam perjalanannya ini bisa sowan ke KH. Mustofa Bisri (Gus Mus) di Rembang serta Habib Lutfi Yahya Pekalongan. Sedangkan, untuk di PBNU dia harap bisa bertemu dengan Ketum PBNU dan Ketum GP Ansor Pusat.

"Saya berharap di PBNU bisa sowan dengan Ketua Umum PBNU serta Ketua Umum GP Ansor," pungkasnya.

Sekadar diketahui, dari Kantor PCNU Bangil, Pasuruan Gus Acid diberangkatkan oleh Ketua PCNU Bangil Saat Muafi berserta Ketua PC GP Ansor Bangil, Pasuruan Rabu (6/11/2019) sekitar pukul 16.00 WIB. [hud/rom]