Pasca Insiden Ledakan Bom Bunuh Diri di Medan, Penjagaan Mapolres Tuban Diperketat

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Pasca insiden ledakan bom bunuh diri yang terjadi di Mapolrestabes Medan, Sumatera Utara, Rabu (13/11/2019) pagi. Jajaran Kepolisian Polres Tuban memperketat pengamanan di akses pintu masuk Mapolres setempat.

Peningkatan pengamanan di pintu masuk Mapolres tersebut dilakukan dengan mempersempit gerbang, mempertebal personel piket serta melengkapi personel dengan rompi anti peluru dan alat metal detector. 

Pantauan blokTuban.com, peningkatan pengamanan itu nampak tidak seperti biasanya. Personel yang jaga melakukan pemeriksaan kepada siapapun pengunjung yang akan masuk ke Mapolres. Bahkan pemeriksaan juga dilakukan kepada pengendara roda dua dan roda empat yang hendak masuk ke Mapolres.

"Peningkatan keamanan difokuskan di pintu masuk Mapolres Tuban, dengan cara memeriksa barang bawaan pengunjung serta kendaraan yang digunakan," jelas Wakapolres Tuban, Kompol Teguh Priyo Wasono usai melakukan pemeriksaan.

Menurutnya, peningkatan pengamanan tersebut tidak akan mengurangi pelayanan kepada masyarakat yang akan mengurus SKCK dan yang lainnya. Sebab, dari dulu Mapolres mempunyai Standart Operasional Prosedur (SOP) untuk melakukan pemeriksaan.

"Pasca kejadian di Mapolrestabes Medan, kita lebih meningkatkan keaman setiap pengungung kita periksa. Bila membawa mobil kita periksa bagasinya, sehingga kita yakinkan pengunjung ini steril," imbuhnya.

Lebih lanjut dia juga meminta peran aktif kepada masyarakat untuk selalu meningkatkan kewaspadaan diri, serta memberikan informasi atau melaporkan kepada pihak berwajib apabila ada seseorang yang dicurigai.

Sementara itu, salah satu pengunjung asal Desa Gesikharjo, Kecamatan Palang Noviatun Nisa (22), mengatakan kedataganya di Mapolres ini ingin mengurus SKCK. Menurutnya, pemeriksaan ini sudah prosedur ketika mau memasuki Mapolres.

Namun, dia mengaku telah mendengar kabar adanya boom bunuh diri di Mapolrestabes Medan, sehingga pemeriksaan di polres Tuban diperketat lagi. "Pemeriksaan ini merupakan prosedur dari Polres Tuban. Mungkin karena ada kejadian bom bunuh diri di Medan tadi sehingga tadi sehingga pemeriksaan diperketat," pungkasnya.[hud/lis]