Kunjungi Puskesmas Jenu, Begini Reaksi DPRD Komisi IV

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Dalam rangka serap aspirasi masyarakat, Komisi IV DPRD Kabupaten Tuban melakukan kunjungan di Puskesmas Jenu. Turut hadir Wakil Ketua Komisi IV, Suratmin beserta 10 anggota komisi lainnya.

Kunjungan kerja tersebut diterima dengan hangat oleh Shodikin Kabid Yankes selaku perwakilan dari Dinas Kesehatan Tuban dan dr. Dede Kurniawati Kepala UPTD Puskesmas Jenu beserta staf.

Shodikin menyampaikan apresiasinya dalam kesempatan sambutan kunjungan kerja DPR terhadap upaya peningkatan mutu layanan Puskesmas Jenu sehingga dapat meraih status akreditasi Paripurna.

"Kabupaten Tuban terdapat dua Puskesmas yang dapat meraih akreditasi Paripurna, selain Puskesmas Jenu adalah Puskesmas Tuban kota," paparnya, Rabu (13/11/2019).

Disambung Suratmin turut mengapresiasi kinerja seluruh pegawai Puskesmas Jenu, dalam memberikan upaya peningkatan mutu pelayanan terhadap kesehatan masyarakat.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Puskesmas Jenu dr. Dede Kurniawati menyampaikan paparannya terkait upaya peningkatan mutu pelayanan yang menitikberatkan pada upaya pencegahan dan pengendalian infeksi, keselamatan pasien, selain upaya pelayanan essensial sesuai dengan standar peraturan yang ada.

Disamping mutu pelayanan, Kepala Puskesmas Jenu juga menyampaikan kendala dan masalah yang dihadapi oleh Puskesmas Jenu.

Adapun diantaranya dari pemenuhan sumber daya kesehatan yang dapat menunjang peningkatan mutu pelayanan, karena kondisi saat ini staf Puskesmas Jenu banyak berstatus sebagai tenaga kontrak. Sehingga hal itu menjadi tantangan tersendiri oleh Puskesmas Jenu.

"Sarana Puskesmas Jenu juga menjadi masalah, karena luas ruangan aula yang sempit," terang dr. Dede.

Dari hasil paparan tersebut, anggota komisi IV DPRD Tuban siap untuk mengawal peningkatan mutu Puskesmas Jenu. [ali/ito]