Wabup Berangkatkan Peserta Kirab Siraman Waranggono

Reporter: Nidya Marfis H.

blokTuban.com - Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Husein memberangkatkan 80 peserta kirab siraman waranggono di depan Alun - alun Tuban.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Tuban mengatakan, Kabupaten Tuban merupakan gudangnya kesenian langeng tayub dan hal ini merupakan salah satu ciri khas dari Tuban sehingga harus terus dipertahankan.

"Harus terus dilestarikan dan diurik - uriki,"ungkap Noor Nahar. Rabu, (6/11/2019)

Lebih lanjut, tahun ini pertama kalinya sebelum acara siraman waranggono diakan kirab dari Alun - alun sampai sendang Bektiharjo. Dengan tujuan, untuk memberikan edukasi kepada masyarakat khususnya generasi muda agar mau meneruskan.

"Kegiatan ini sangat bagus, saya berharap ditahun - tahun berikutnya selalu ada kirab,"ungkapnya.

Ia menambahkan, beberapa waktu yang lalu pihaknya telah mengajukan enam Peraturan Daerah (Raperda) kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tuban, salah satunya Raperda mengenai kebudayaan. Nantinya, didalam penyusunan ia meminta kepada para seniman dan budayawan di Tuban untuk diikutsertakan.

"Berbicara kebudayaan, harus melibatkan stokholder terutama yang paling mainstream,"ujarnya.

Ia berharap, kegiatan ini masuk menjadi agenda wisata dan kesenian yang ada di Jawa Timur (Jatim) dan kegiatan dapat memberikan manfaat khususnya kepada pengiat seni, seniman dan budayawan.

"Sehingga Tuban dapat menjadi salah satu destinasi wisata khususnya wisata kebudayaan,"tandasnya. [nid/ito]