8 Manfaat Buah Kelengkeng, Salah Satunya Melawan Radikal Bebas

Reporter: -

blokTuban.com - Buah kelengkeng atau longan digemari banyak orang karena rasanya yang manis dan lezat. Buah ini Lengkeng dapat dimakan langsung, dijadikan jus, smoothie, es buah, puding dan berbagai olahan lainnya. Buah berbentuk bulat dengan daging berwarna putih dan berais merupakan buah yang rendah kalori dan karbohidrat, bahkan tidak mengandung lemak.

Semangkuk kecil kelengkeng segar hanya mengandung 17 kalori dan 4 gram karbohidrat. Namun, lengkeng kering memiliki kalori dan karbohidrat yang lebih tinggi, dengan semangkuk kecilnya memiliki kandungan 80 kalori dan 21 gram karbohidrat. Kelengkeng juga merupakan sumber vitamin C yang baik.

Selain itu, buah kelengkeng memiliki manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Berbagai manfaat buah kelengkeng, di antaranya

1. Membantu diet

Jumlah kalori, lemak, dan karbohidrat yang rendah dalam kelengkeng membuatnya baik untuk dikonsumsi jika Anda sedang menjalani diet rendah kalori. Jadi, Anda pun tidak perlu khawatir saat mengonsumsinya.

2. Melancarkan pencernaan

Kelengkeng mengandung serat yang dapat membantu melunakkan tinja dan melancarkan gerakan usus. Selain itu, serat yang terkandung dalam kelengkeng juga mampu meningkatkan kesehatan usus dan menurunkan kolesterol.

3. Menyehatkan kulit

Mengonsumsi antioksidan kuat yang terkandung dalam buah kelengkeng dapat membuat kulit Anda nampak bersih, cerah, dan bening. Selain itu, kelengkeng juga mampu mengurangi risiko terkena fotosensitivitas (alergi matahari) atau kanker kulit.

4. Melawan radikal bebas

Selain serat, kelengkeng juga mengandung antioksidan tinggi. Antioksidan yang ada dapat membantu melawan radikal bebas di tubuh yang bisa merusak sel-sel sehat dan menyebabkan penyakit.

5. Mengurangi stres

Kelengkeng memiliki antioksidan (polifenol) yang tinggi. Senyawa polifenol, seperti asam galat, dapat menghilangkan radikal bebas penyebab stres. Selain itu, kelengkeng juga memiliki senyawa bioaktif yang dapat mencegah insomnia dan kecemasan.

6. Mengurangi peradangan

Banyaknya vitamin B dan vitamin C yang terkandung dalam kelengkeng dapat membantu penyembuhan dan mengatasi kondisi peradangan kronis, seperti edema, GERD, penyakit iritasi usus, alergi kulit, luka, psoriasis, dan penyakit crohn.

7. Mencegah penuaan

Vitamin C dengan jumlah tinggi yang terdapat dalam kelengkeng memiliki peran penting untuk sintesis kolagen yang dapat menjaga kulit tetap kencang dan sehat. Selain itu, kandungan vitamin B, C, dan antioksidan yang terdapat dalam buah ini juga memiliki sifat antipenuaan, dan dapat mengurangi kulit kering, retak, atau terkelupas.

8. Mencegah anemia

Dalam kelengkeng terdapat sejumlah kecil zat besi yang dapat membantu merangsang produksi sel merah dan meningkatkan sirkulasi darah. Hal ini akan membantu Anda terhindar dari anemia.

Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai berbagai manfaat buah kelengkeng ini. Akan tetapi, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba. Pastikan Anda mengonsumsi buah kelengkeng secukupnya, jangan berlebihan karena dikhawatirkan akan menimbulkan efek samping yang tak diinginkan.

Sejauh ini, belum banyak informasi mengenai dampak negatif buah kelengkeng, namun ada kemungkinan seseorang bisa mengalami alergi kelengkeng meski sangat rendah.

Bagi penderita diabetes sebaiknya tidak mengonsumsi kelengkeng kaena kandungan gulanya. Rasa lengkeng yang manis mungkin dapat meningkatkan kadar glukosa darah pada penderita diabetes. Sementara itu, jika ibu hamil ingin mengonsumsi kelengkeng, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter. Sebab, terdapat anggapan bahwa kelengkeng, leci, nanas, dan mangga dapat meningkatkan panas dalam tubuh yang bisa menimbulkan masalah pada janin atau saat melahirkan.

Sumber: https://www.cantika.com/read/1267087/
8-manfaat-buah-kelengkeng-salah-satunya-melawan-radikal-bebas