LP Ma’arif Gelar Kompetisi

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Sebanyak 1.004 siswa madrasah ibtidaiyah (MI) dan sekolah dasar (SD), juga SMP dan MTs ikut dalam Ma’arif Kompetisi ke lima.

Peserta tersebut berasal dari seluruh lembaga di bawah LP Ma’arif Kabupaten Tuban. Sebanyak 776 peserta dari SD/MI dan 228 dari SMP dan MTs.

Kegiatan digelar Pengurus Cabang Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama (PC LP Ma’arif NU) Kabupaten Tuban, Minggu (3/11/2019).

Acara yang dipusatkan di Bumi Manunggal itu dibuka Ketua PC LP Ma’arif Nur Khamid dengan ditandai upacara bersama.

"Alhamdulillah seribu lebih siswa ikut dalam kompetisi. Ini adalah upaya Ma’arif meningkatkan kualitas pendidikan di bawah naungan Ma’arif Tuban," ujar Nur Khamid.

Kompetisi Ma’arif, kata dia, merupakan salah satu program unggulan Ma’arif Tuban. Kegiatan ini satu-satunya yang digelar LP Ma’arif kabupaten/kota di Jawa Timur.

"Karena hanya Tuban yang menggelar, di daerah lain tidak ada," tambahnya.

Kompetisi Ma’arif melombakan seluruh mata pelajaran (mapel) yang ikut ujian nasional. Kemudian ditambah dengan materi aswaja, aqidah akhlaq dan lainnya.

"Mulai tahun ini materi kita tambah dengan lomba paduan suara mars Ma’arif dan Yalal Wathan," ungkap pria yang juga menjabat Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban ini.

Peserta lomba paduan suara mewakili kecamatan se Kabupaten Tuban. Khusus untuk paduan suara, lomba yang digelar di Bumi Manunggal hanya sampai menghasilkan finalis. 

"Untuk final lomba paduan suara digelar di pendapa kabupaten," terangnya.

Nur Khamid menambahkan, ada usulan dari peserta bahwa lomba paduan suara bukan hanya mewakili kecamatan, tapi masing-masing lembaga.

"Alhamdulillah responsnya bagus. Tahun depan bisa lebih banyak pesertanya," tandas dia.[ali/ono]