5 Cara Meningkatkan Konsentrasi saat Bekerja di Kantor

Reporter: -

blokTuban.com - Salah satu masalah terbesar yang sering dialami para pekerja saat berada di kantor adalah menjaga konsentrasi. Konsentrasi sendiri menjadi aspek yang sangat penting karena bisa mendorong produktivitas; seperti menyelesaikan tugas dengan efektif dan efisien.

Sayangnya, banyak sekali distraksi atau gangguan yang bisa menurunkan konsentrasi para pekerja di kantor. Gangguan-gangguan itu bisa datang dari berbagai hal; seperti rekan kerja, gadget, hingga media sosial.

Namun jangan khawatir, jika Anda sedang merasa kesulitan berkonsentrasi saat bekerja, kumparanWOMAN punya lima cara dalam meningkatkan konsentrasi; seperti rajin melakukan olahraga setiap pagi hingga istirahat dengan cukup. Melansir dari Forbes, berikut informasi lengkapnya untuk Anda:

1. Mulai dengan olahraga ringan setiap pagi

Salah satu cara untuk bisa meningkatkan konsentrasi saat bekerja adalah dengan memulai olahraga ringan di pagi hari. Olahraga pagi sendiri dipercaya bisa meningkatkan aliran darah, ingatan, hingga kinerja. Ada banyak jenis olahraga yang bisa Anda coba sebelum pergi ke kantor; seperti jalan, lari, hingga senam otak.

2. Hindari mengerjakan pekerjaan sekaligus

Jika Anda berpikir dengan mengerjakan tugas sekaligus bisa membuat pekerjaan lebih cepat selesai, Anda salah besar. Pasalnya, mengerjakan pekerjaan yang terlalu banyak dan berbarengan bisa memecahkan konsentrasi Anda. Selain itu, Anda juga akan kehilangan fokus pada tugas yang sedang dikerjakan. Untuk mengatasi hal ini, cobalah buat daftar kerja.

3. Buatlah daftar kerja

Daftar kerja sangat penting untuk membuat Anda lebih fokus dan mengatur mana pekerjaan yang harus diprioritaskan. Dengan demikian, Anda bisa mengerjakan tugas dengan lebih efektif dan efisien.
Lebih lanjut, membuat daftar kerja juga bisa membuat seseorang mencapai tujuan kecil setiap hari. Tujuan ini bisa membuat Anda lebih semangat dalam mencapai tujuan di esok hari.

4. Hindari internet

Salah satu gangguan yang sering membuat daya fokus dan konsentrasi para pekerja menurun adalah gadget. Untuk mengatasinya, Anda bisa memulai dengan menghindari mengecek ponsel secara terus-menerus. Selain itu, Anda juga bisa mematikan notifikasi dari beberapa media sosial, seperti Instagram, Facebook, hingga Twitter yang bisa membuat daya konsentrasi Anda menurun.

5. Istirahat yang cukup

Cara kelima yang bisa Anda coba untuk meningkatkan konsentrasi saat bekerja adalah mendapatkan istirahat dengan cukup. Menurut beberapa studi, istirahat yang cukup bisa meningkatkan konsentrasi seseorang. Lebih lanjut, studi tersebut juga menghubungkan kesuksesan dengan kualitas dan kuantitas tidur seseorang. Cobalah tidur minimal 7 jam untuk mendapatkan konsentrasi saat bekerja di kantor.

*Sumber: kumparan.com