Dua Target Unicorn Indonesia Hadir di Socorejo Tuban

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Pemerintah Desa (Pemdes) Socorejo, jajaran Forpimca, dan Tokopedia Jakarta telah meluncurkan Tokopedia Center Socorejo pada Selasa (29/10/2019) kemarin.

Kerjasama Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Maju Mandiri Sejahtera dengan salah satu unicorn terbesar di Indonesia ini, untuk menggenjot ekonomi di desa pesisir Bumi Wali.

"Semoga dengan kerjasama ini bisa memberikan kontribusi positif bagi ekonomi masyarakat sekitar," terang Kepala Desa Socorejo, Arief Rahman Hakim kepada reporter blokTuban.com, Rabu (30/10/2019).

Kang Arief sapaan akrabnya menambahkan, dengan adanya Tokopedia center ini bisa digunakan sebagai sarana pemasaran produk UMKM dan produk lokal masyarakat Socorejo dan sekitarnya.

Beta Aegis perwakilan Tokopedia menilai adanya Tokopedia Center ini ada dua fokus yang ditargetkan. Pertama menjadikan Tokopedia Center sebagai pusat literasi dan edukasi digital.

Kalau ada warga yang belum terlalu melek teknologi bisa konsultasi dan tanya ke Tokopedia Center yang bekerjasama dengan BUMDes Socorejo.

"Kita sudah siapkan dua konsultan di BUMDes ini, yang kita ambil dari pemuda pemudi warga sekitar, mereka sudah kita bekali pengetahuan dan pelatihan pemasaran online dan Tokopedia pada khususnya," paparnya.

Tokopedia Center diharapkan bisa menjadi wadah untuk warga yang ingin tahu dunia digital untuk pemasaran produk melalui jual beli online.

Kedua, pihaknya ingin membantu pemasaran produk UMKM khas desa yang dijual melalui BUMDes supaya dikenal di masyarakat luas, bukan hanya lokal tapi bisa merambah tingkat nasional.

"Harapannya perekonomian masyarakat yang mayoritas produknya hasil laut bisa meningkat," harapnya.

Selain Desa Socorejo, Kecamatan Jenu, nantinya juga akan menyusul peluncuran Tokopedia Center di Desa Bulu Meduro, Kecamatan Bancar dan Desa Sokosari, Kecamatan Soko.

"Untuk di Tuban baru pertama kali di BUMDes Maju Mandiri Sejahtera Socorejo ini," tutupnya. [ali/rom]