Samsatling, Mudahkan Warga Bayar Pajak Kendaraan

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Hidup pada era digital saat ini diikuti dengan kemajuan teknologi yang begitu pesat. Sistem penunjang aktivitas kebutuhan manusia pun semakin dipermudah dengan adanya peningkatan layanan digital. Seperti program layanan Samsat keliling (Samsatling) Kabupaten Tuban ini misalnya.

Demi mempermudah pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) masyarakat, Samsatling memiliki jadwal setiap hari di titik-titik wilayah yang menyebar di Kabupaten Tuban. Layaknya aktivitas Samsatling hari ini, mereka bersinggah di titik Kecamatan Parengan. Tepatnya di Pertigaan Ponco, Desa Suciharjo.

"Jadwalnya kebetulan hari ini di Parengan. Samsat keliling mulai jam 8 pagi sudah standby lokasi pada jadwal," ujar Mustofa, salah satu pegawai Samsatling di Pertigaan Ponco, Selasa (29/10/2019).

Adanya Samsatling di kawasan Ponco setiap hari Selasa, sambungnya dimanfaatkan banyak warga untuk mengurus pajak PKB dari sejumlah wilayah dekat Kecamatan Parengan. Seperti wilayah Kecamatan Singgahan dan Kecamatan Soko, sering menuju lokasi tersebut.

"Kalau jadwal di sini, rata-rata per hari ada 80 orang yang datang," tambahnya.

Salah satu warga Dusun Alastuwo, Desa Mojoamalang, Kecamatan Parengan, Sujak ketika mengurus pajak kendaraan bermotornya mengaku puas akan pelayanan Samsat keliling Kabupaten Tuban. Selain lebih cepat, ia tak perlu repot pergi ke Kantor Samsat di Tuban kota.

"Iya cepat pelayanannya. Tinggal setor STNK, ditambah KTP atau SIM, nunggu sebentar sudah dilayani," ungkapnya kepada blokTuban.com. [feb/lis]