Manfaat Pepaya untuk Perawatan Kulit dan Rambut

Reporter: -

blokTuban.com - Produk perawatan kecantikan yang biasa Anda beli di toko-toko kosmetik sebenarnya bisa Anda buat sendiri di rumah, menggunakan bahan-bahan alami seperti pepaya. Pepaya kaya akan papain, enzim pengelupas yang dapat melarutkan protein. Meskipun buah ini biasanya dimakan, Anda juga perlu tahun bahwa buah ini bisa digunakan untuk mengatasi banyak masalah kulit dan rambut.

Menjadi salah satu sumber vitamin C, pepaya mengandung karotenoid seperti beta-karoten dan likopen. Ketika bercampur, kedua nutrisi ini akan membuat keajaiban bagi kulit. Beta-karoten dan likopen membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas, yang menyebabkan kulit keriput dan tanda-tanda penuaan lainnya.

Apa saja manfaat pepaya untuk kulit dan rambut? Berikut beberapa manfaatnya, seperti dilansir dari Indian Express, Minggu, 26 Oktober 2019.

1. Masker rambut

Campuran pepaya dan pisang dapat mengatasi semua masalah rambut Anda. Pepaya melembabkan rambut dari akar ke ujung, kandungan kalium dan vitamin pada pisang membantu melembapkan dan memperkuat rambut halus.

2. Membuat kulit bersinar

Enzim papain pepaya dapat membersihkan penumpukan sel mati yang bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Tambahkan kunyit dan madu ke dalam papaya yang telah dihaluskan. Madu berperan sebagai antiinflamasi dan kunyit membantu menyembuhkan kulit yang terbakar sinar matahari, jerawat, atau goresan dengan mengurangi oksidasi pada kulit.

3. Mengencangkan kulit  Pepaya mengurangi pembentukan radikal bebas yang bertanggung jawab atas penuaan dini. Anda bisa mencampurkan putih telur dan oleskan pada wajah sebagai masker selama 20 menit. Anda juga bisa menggunakan masker yang sama pada rambut. Pepaya adalah kondisioner alami yang melembutkan rambut dan telur memperkuat kualitas rambut.

4. Mengatasi ketombe

Campur pepaya telah dihaluskan dengan nimba atau daun intaran dan minyak kelapa atau minyak argan atau minyak almond. Asam laurat dalam minyak memiliki sifat antimikroba dan anti-jamur, sedangkan asam linoleat dalam pepaya menghaluskan kulit kepala. Nimba menjadi bahan anti-jamur, anti-inflamasi dan anti-mikroba yang dapat menghilangkan ketombe dan mencegahnya dating kembali.

Sumber: https://cantik.tempo.co/read/1265468/
manfaat-pepaya-untuk-perawatan-kulit-dan-rambut