Api Menjalar dari Pengasapan Ikan, Warga Karangagung Panik

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Peristiwa kebakaran salah satu home industri pengasapan ikan yang berada di kawasan pemukiman padat penduduk Desa Karangagung, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban membuat sejumlah warga sekitar panik, Selasa (29/10/2019).

Warga panik lantaran kebakaran hebat dari cerobong tersebut menjalar ke dalam rumah yang digunakan untuk pengasapan ikan. Beruntung api yang membakar tempat pengasapan ikan milik Rasemi (64), warga Dusun Karangagung Timur, Desa Karangagung, Kecamatan Palang itu berhasil dipadamkan.

Informasi yang dihimpun blokTuban.com, kebakaran cerobong untuk pengasapan ikan itu berawal saat para pekerja akan memulai proses pengasapan. Para pekerja baru menyalakan api guna pengasapan itu sekitar 10 menit.

"Waktu baru mau proses pengasapan, tiba-tiba keraknya yang ada di cerobong itu jatuh," terang salah satu anak dari pemilik pengolahan ikan asap, Ngadiyono.

Ketika kerak-kerak yang menempel di dinding cerobong itu jatuh langsung mengakibatkan kebakaran hebat. Api yang seharusnya untuk proses pengasapan itu semakin membesar dan menjalar keluar dari cerobong asap dan membuat warga panik.

"Karena memang ini waktunya kemarau dan panas, jadi yang sempat takut. Memang kalau cerobong ini sulit dibersihkan," imbuh Ngadiyono.

Sejumlah warga yang panik langsung berusaha untuk memadamkan api. Selain itu, warga langsung melaporkan kejadian itu ke PMK Tuban agar dilakukan pemadaman.

"Tidak sampai ada korban luka dalam kejadian kebakaran ini, hanya kerugian material," ungkap Kepala Desa (Kades) Karangagung, Kecamatan Palang, Aji Agus Wiyoto.

Selain warga, Badan Penanggulangan Bencana  Daerah (BPBD) Tuban menerjunkan 2 unit mobil PMK lantaran dikawatirkan api akan semakin membesar. Sekitar 30 menit api di kawasan padat penduduk itu berhasil dipadamkan.[hud/pur]