Disparbudpora, Siapkan Acara Meriah untuk Pembukaan MTQ Jatim

Reporter: Nidya Marfis H. 

blokTuban.com - Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat Jawa Timur (Jatim) akan dibuka langsung oleh Gubernur Jawa Timur (Jatim) pada Sabtu, (25/10/2019) besok. Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Tuban menyiapkan acara mewah untuk upacara pembukaan MTQ Jatim di Alun - Alun Tuban.  

Kepala Bidang (Kabid) Kebudayaan, Sumardi mengatakan, pada acara pembukaan MTQ Jatim akan ada dua kali pertunjukan yaitu,  pada pagi hari dan malam hari.

"Pagi hari pukul 08.00 WIB dan malam pukul 19.00 WIB,"ungkap Sumardi, Jumat, (25/10/2019)

Lebih lanjut, pada pagi hari akan ada penampilan tiga kelompok drum band dari MTs Tuban, MA Desa Jetak, Kecamatan Montong dan pondok pesantren Assalam, Kecamatan Bangilan. Dan dilanjutkan tarian Husnah yang terdiri 25 peserta dari SMA dan SMK se-Kabupaten Tuban. 

"Tarian ini menggambarkan semangat pengorbanan perempuan yang gigih memperjuangkan kebaikan dan kemuliaan," ungkapnya. 

Sedangkan, pada malam harinya akan ada pertunjukan tarian kolosal rampak persisir yang terdiri dari 200 penari dari SMA dan SMK se Kabupaten Tuban. Tarian ini menggambarkan kehidupan di sepanjang pesisir utara Pulau Jawa yang serasa menuntun jiwa dalam doa. 

"Sebagai bentuk semangat aktifitas para santri pesisir di tempat ibadah untuk belajar mengaji dan mendalami ilmu agama," imbuhnya. 

Selanjutnya, sebagai tanda MTQ telah dibuka, nantinya Gubenur Jatim akan membunyikan sirine dengan diringi musik gabus dari El - kiswah.  

 "Akhir acara akan ada atraksi kembang api," tandasnya. [nid/col]