Terinspirasi Tradisi Khas Tuban, Teater Air Juara 1 Nasional

Reporter: Nidya Marfis H.

blokTuban.com - Teater air, SMA Negeri 3 Tuban memperoleh juara 1 nasional dalam ajang Festival Teater Pelajar dan Mahasiswa (FTPM) nasional 2019, di Surabaya.

Pembina sekaligus pelatiha teater air, Siswandi mengatakan, dalam ajang yang digelar pada tanggal 13 sampai 16 Oktober 2019 lalu, teater air bersih memborong beberapa kategori di antaranya juara umum penampilan terbaik 1, artistik terbaik, nominasi aktris terbaik, naskah terbaik dan nominasi sutradara terbaik.

"Alhamdulillah ini kali pertama kita mendapatkan juara 1 di ajang bergengsi tingkat nasional," ungkap Siswandi, Selasa (22/10/2019).

Lebih lanjut, Naskah yang diusungnya  berjudul sarah wulan yang belatar belakang kerajaan dan terinspirasi dari tradisi kentrung, salah satu tradisi khas Tuban yang hampir punah.

"Ingin mengurik-urik tradisi kentrung, karena saya bergerak di bidang teater jadi saya aplikasikan di sini," ungkapnya.

Ia berharap, anak didiknya tetap terus berkarya dan jangan berpuas diri dengan prestasi yang telah diperolehnya, sebab di atas langit masih ada langit. Dan juga untuk teater di Tuban, semoga semakin bermunculan teater-teater umum lainnya bukan hanya teater tingkat sekolah saja.

"Tetap berkarya dan menjadi pribadi yang rendah hati," tandasnya. [nid/rom]