Kopdar Fig Lovers Jatim Bawa Semangat Menanam Satu Pohon

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Puluhan komunitas Fig Lovers yang ada disejumlah kota di Jawa Timur (Jatim) hari ini, Minggu (20/10/2019) tengah berkumpul, bersilaturahmi dan Kopdar, dikawasan jl. Ahmad Yani Desa Rengel, Kecamatan Rengel. Kopi darat (Kopdar ) sekaligus acara rutin yang digagas oleh Fig Lovers Jatim ini, selalu membawa tema serta visi misi yang sama. Yakni satu rumah satu pohon, tanam pohon Tin.

Dalam kopdar ke-9 ini, hadir sejumlah peserta dari kota-kota besar Jatim. Seperti Surabaya, Gresik, Malang, Blitar, Mojokerto, Ngawi, Kediri, Nganjuk, Ponorogo, hingga luar daerah Jatim seperti Kudus, Rembang, Cepu, Jawa Tengah. Selain itu, Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Kecamatan Rengel juga turut hadir dalam undangan.

Ketua Fig Lovers Jatim, Indra dalam hal ini mengucapkan banyak terimakasih kepada segenap komunitas Tin atau juga dikenal dengan Fig Lovers yang telah datang serta menyempatkan waktu untuk Kopdar. Terlebih kepada tuan rumah Tuban, yang sudah mengoptimalkan jalannya acara.

"Selain kopdar, kita juga ada agenda sharing, dan penanaman pohon juga," paparnya kepada blokTuban.com di sela acara.

Lelaki dari kota Pahlawan itu menambahkan, kampanye tanam pohon Tin terus diserukan kepada masyarakat umum. Selain fungsi penghijauan, tanaman ini juga memiliki buah yang manis dimana mengandung banyak protein dan vitamin, yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

"Ada aspek penunjang ekonomi juga, dimana masyarakat bisa lebih berdaya dengan membudidaya atau menanam buah Tin," lengkapnya.

Sementara itu ketua komunitas Fig Lovers Tuban, Murdianto memaparkan, bahwa tren tanaman buah Tin di Bumi Wali, sebutan lain Kabupaten Tuban, sudah memiliki progres dan prospek yang bagus. Bahkan, sudah ada pencanangan program yang sudah dilaksanakan, yakni setiap RT diwajibkan punya minimal 1 pohon Tin di lingkungannya.

"Kedepan, akan terus kita sosialisasikan kepada masyarakat untuk giat nenanam pohon Tin. Karena kita pun tahu, pohon Tin punya nilai ekonomis yang bisa meningkatkan kualitas perekonomian masyarakat," pungkasnya.

Acara ini dikemas dengan santai dan hangat. Peserta Kopdar saling membawa sejumlah jenis pohon Tin untuk ditanam bersama, juga diberikan secara gratis sebagai doorprize kepada pemenang lomba foto selfie dengan background Fig Lovers Indonesia, bertajuk seruan 'Gemar makan buah Tin agar sehat Yook'. [feb/ito]