Sedekah Laut, Ratusan Nelayan Sidomulyo Kirab Bekakak

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Ratusan nelayan yang berada di RT/01 RW/04 Kelurahan Sidomulyo, Kabupaten Tuban melaksanakan tradisi sedekah laut dengan mengarak Bekakak (Miniatur Perahu) di sepanjang Jalan Raya, Rabu (16/10/2019).

Tradisi tahunan tersebut dilaksanakan sebagai wujud rasa syukur para nelayan kepada Allah SWT yang selama ini telah memberikan keselamatan serta limpahan rizeki kepada para nelayan, khususnya para nelayan di kelurahan Sidorejo.

"Kegiatan sedekah laut ini merupakan bentuk rasa syukur kepada Allah. Semoga  kedepan nelayan di Kelurahan Sidomulyo semakin dipermudah dalam mencarai rizki," ujar Tokoh Masyarakat di Kelurahan setempat, H. Urip Wijayanto.

Lebih lanjut, Urip menjelaskan jika tradisi kirab bekakak ini diikuti oleh ratusan nelayaan. Adapun rute dari kirab ini dimulai dari lokasi sedekah laut di kelurahan setempat, kemudian melewati Jalan Nasional Panglima Sudirman. 

Selanjutnya, melintasi Jalan Pemuda, Jalan Ronggolawe dan Jalan Untung Suropati lalu kembali ke keluarahan setempat. "Bekakak yang diarak ini belum diisi sesaji, namun ada enam miniatur orang di dalamnya yang menggambarkan nelayan setempat," jelasnya.

Selanjutnya dijelaskan, sebelum acara kirab bekakak para nelayan sudah menggelar acara dangdutan kemudian dilanjutkan dengan tayuban dan larung bekakak dan sesaji serta melaksanakan proses sesaji di Sumur Srumbung.

Diharapkan, kedepan lebih dipermudah rizekinya dan semoga ekosistem laut agar tetap terjaga dan lestari agar dapat diwariskan kepada anak cucu dan membuat kehidupan warga setempat agar lebih baik.[hud/ito]