Festival Kirab Perahu di Ujung Timur Pesisir

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Senin (14/10/2019) pagi menjadi hari paling bahagia bagi masyarakat nelayan Desa Karangagung, Kecamatan Palang, Tuban. 

Mereka menggelar tasyakuran yang diwarnai dengan kirab perahu di ujung timur pesisir Bumi Wali berbatasan dengan Kabupaten Lamongan.

Tasyakuran ini adalah momen tahunan yang diprakarsai langsung oleh para nelayan. Dengan mengelar serangkaian kegiatan di antaranya santunan anak yatim dan fakir miskin, festival kirab perahu nelayan, makan tumpeng berkat bersama, bazar pasar malam, tayuban, pengajian, dan juga hiburan orkes dangdut.

"Tasyakuran nelayan adalah bentuk ekspresi warga datas berkah kesehatan dan hasil tangkapan yang melimpah," ujar Kepala Desa Karangagung, Aji Agus Wiyoto ketika ditemui reporter blokTuban.com di TPI Karangagung.

Di samping itu, Aji berharap besar semoga dari acara bersama tersebut warga Karangagung khususnya nelayan bisa semakin guyup, rukun dan selalu genggam jiwa gotong royong. Sekaligus bisa menciptakan masyarakat yang sadar, dan peduli.

Pemerintah desa selalu mendukung, dan semoga tahun depan lebih baik, meriah dan juga tambah berkah buat kita semua khususnya warga Karangagung.

Sementara Ketua Panitia Festival Kirab Perahu, Hartono menambahkan, kegiatan tersebut diikuti hampir 1.000 orang dan 300-an perahu. Yang terlibat mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, hingga Lansia.

"Mereka ikut bahagia atas terselenggaranya tasyakuran ini," terang pria yang juga Ketua Rukun Nelayan (RN) Karangagung ini.

Arak-arakan perahu mulai bergerak sekitar pukul 08.00 Wib, dimulai dari TPI Karangagung hingga pesisir Keradenan. Jarak tempuhnya diprakirakan 7-8 Kilometer.

Setiap perahu nampak ada perbekalan makanan dan minuman. Logistik ini dibawa peserta kirab sukarela, untuk kebutuhan bersama selama perjalanan.

Kabupaten Tuban merupakan daerah dengan panjang pantai 65 Km, Kecamatan Palang hingga Bancar. Penduduk yang tersebar di 20 kecamatan beragam mata pencahariannya, mulai nelayan, petani, pedagang, pengusaha, hingga pekerja industri. [ali/ono]