Diduga Keracunan, 21 Warga Jantingan Alami Diare

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Sebanyak 21 orang di Dusun Jantingan, Desa Jombok, Kecamatan Jatirogo, Kabupaten Tuban diduga mengalami keracunan. Pasalnya sejak Kamis (10/10/2019) sekitar pukul 17.30 WIB banyak yang mengalami diare. 

Camat Jatirogo, M. Nawawi saat dikonfirmasi wartawan media blokTuban.com membenarkan informasi tersebut. Menurut Camat, peristiwa itu sudah ditangani pihak Puskesmas Kebunharjo dan Puskesmas Jatirogo.

"Kejadiannya pada Kamis sore sekitar pukul 17.30 WIB ada laporan dari masyarakat yang mengalami diare sebanyak 21 orang, lantas tim reaksi cepat dari Puskesmas Kebonharjo menuju lokasi," ungkap Nawawi kepada blokTuban.com, Jumat (11/10/2019).

Dilanjutkan Nawawi, pihaknya telah melakukan pendataan dan survey sekaligus pertolongan pertama. Para korban, ada yang dirujuk ke Puskesmas Jatirogo dan ada yang opname.

"Sebanyak 11 orang dirujuk dan yang opname sebanyak 10 orang," imbuhnya.

Menurut Camat, petugas juga mengamankan barang-barang yang dicurigai menjadi penyebab terjadinya insiden tersebut agar tidak banyak yang mengalami diare. Sampai saat ini, tim reaksi cepat tetap memantau perkembangan baik yang masih opname maupun yang tidak opname.

"Dicurigai kejadian diare diakibatkan dari makanan yang disajikan warga yang mengadakan ulang tahun. Di acara tersebut pemilik acara menyajikan mie ayam, urap, telur dan tahu," paparnya panjang lebar.

Untuk memastikan penyebabnya, barang-barang yang dicurigai akan dites di laboratorium. Sementara update pagi ini, korban yang di rumah tidak dirujuk untuk opname dan sudah pulih kondisinya.  Sementara yang dirujuk masih dalam pengawasan Puskesmas Jatirogo. 

"Pagi ini juga dapat kita informasikan, satu orang dirujuk ke Rumah Sakit Bojonegoro karena mengalami panas tinggi," pungkasnya. [rof/col]