Air Terjun Bongok Dipenghujung Musim Kemarau

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Sebagai salah satu destinasi wisata alam, air terjun Bongok yang ada di Dusun Kerokan, Desa Jetak, Kecamatan Montong, memiliki keindahan panorama alam yang sudah dikenal khalayak umum.

Namun begitu, air terjun Bongok pada penghujung musim kemarau 2019 ini terdapat pemandangan berbeda dari biasanya. Jika wisatawan sering melihat indahnya air yang jatuh menuju sungai, sekarang hanya bisa menyaksikan sejumlah kubangan air yang berada di sekitar area hilir lembah Bongok.

"Air terjunnya kering, gak ada aliran dari atas. Adanya ya air di kalangan bagian bawah," ujar Hirsan, warga setempat ketika dijumpai blokTuban.com sekitar area air Terjun Bongok, Minggu (6/10/2019).

Ditambahkannya lagi, kondisi kering air terjun Bongok tersebut telah berlangsung sekitar 3 bulan belakangan ini. Dimana terik cuaca kemarau semakin memuncak, sementara kebutuhan air warga sekitar untuk menghidupi tanaman di ladang semakin terbatas.

"Banyak petani yang ambil air dari air terjun itu, sekarang ya malah gak bisa. Ya, nunggu musim hujan nanti kan bisa mengatur lagi," pungkasnya. [feb/rom]