Pokdarwis Tuban Kunjungi Wisata Unggul Ponggok Klaten

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Selama tiga hari Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kabupaten Tuban melakukan kunjungan lapangan di wisata unggul Ponggol Klaten dan Kabupaten Sleman.

Tujuan giat kali ini dalam rangka meningkatkan potensi wisata yang berbasis masyarakat di Tuban.

Salah satu peserta kunjungan, Muhasan menjelaskan dipilihnya Klaten dan Sleman karena pengelolaan wisatanya lebih maju dari Tuban. Setelah kunjungan yang berakhir tanggal 4 Oktober besok, diharapkan ada yang diaplikasikan di daerah asal.

"Salah satu yang bisa diaplikasikan semisal UMKM sesuai dengan potensi desa masing-masing yang disinergikan dengan BUMDes," kata pria yang juga menjadi pengelola wisata Pantai Kelapa Panyuran kepada reporter blokTuban.com, Kamis (3/10/2019).

Sebagaimana diketahui, Umbul Ponggok merupakan wisata air yang terletak di desa Ponggok, Klaten, Jawa Tengah. Umbul Ponggok merupakan mata air yang dimanfaatkan menjadi objek wisata, pemandian dan snorkeling.

Kolam Umbul Ponggok berukuran panjang 70 m dan lebar 40 m. Di mana mata airnya terletak pada dasar kolam dan terus mengalirkan air sehingga kolam Umbul Ponggok cenderung jernih. Pada dasar kolam terdapat ikan dan batu-batuan sehingga kolam Umbul Ponggok kerap digunakan sebagai lokasi foto dibawah air. [ali/ito]