Manfaat Cuka bagi Kesehatan

Reporter : --

blokTuban.com - Cuka adalah cairan yang terdiri dari asam asetat dan air. sejak saat penemuannya, cuka memiliki banyak sekali manfaat. Mulai digunakan dalam praktik obat, penelitian ilmiah, hingga kuliner.

Tak hanya itu saja, sebab ternyata cuka mengandung banyak manfaat kesehatan di dalamnya seperti vitamin, asam amino, dan asam organik. Inilah beberapa manfaat cuka untuk kesehatan Anda seperti dilansir dari boldsky.com.

Kandungan kalsium dan kalium di dalam cuka mampu membantu menurunkan tekanan darah. Karena bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, cuka juga baik untuk mengurangi risiko penyakit kardiovaskular sehingga jantung Anda menjadi lebih sehat. Cuka mampu digunakan untuk melawan kanker sebab cuka kaya akan zat anti oksidan. Sehingga tubuh Anda dapat terlindung dari efek radikal bebas penyebab kanker. Cuka bermanfaat untuk mengatur tingkat glukosa dalam tubuh sehingga baik dikonsumsi untuk penderita diabetes. Kandungan pektin yang ada di cuka mampu menyingkirkan kolesterol dalam tubuh Anda. Kalsium yang ada di dalam cuka ternyata mampu membantu dalam pembentukan tulang sehingga tulang Anda menjadi kuat. Jika Anda ingin menurunkan berat badan, cuka ternyata dapat berperan sebab cuka mampu menekan nafsu makan Anda. Karena cuka mengandung asam asetat, maka asam ini mampu berfungsi melawan penyakit yang disebabkan oleh bakteri seperti tuberkulosis. Jika Anda mengalami masalah kulit seperti radang kulit dan kulit terbakar, coba obati dengan cuka. Sebab kandungan asam di dalamnya bermanfaat untuk hal ini. Cuka juga mampu mengobati keracunan sebab cuka mempunyai sifat detoksifikasi di dalamnya.

Walaupun memiliki banyak kegunaan, namun konsumsilah cuka dengan wajar. Sebab terlalu banyak mengonsumsi cuka pun mampu menyebabkan masalah kesehatan.

Sumber: merdeka.com