Festival Layang-layang Hiasi Langit Tuban

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Masih dalam momentum HUT RI ke-74, masyarakat Kabupaten Tuban di akhir pekan ini bisa melihat puluhan layang-layang hias dengan ukuran jumbo. Festival layang-layang digelar oleh PHBN Desa Karanglo, Kecamatan Kerek di lapangan desa setempat.

Rizki Haris Ardiansyah, Panitia Festival Layang Desa Karanglo kepada reporter blokTuban.com menjelaskan, kegiatan perdana ini diikuti 40 peserta baik dari lokal Tuban maupun kabupaten sektar.

"Peserta yang dari luar mulai Cepu Bojonegoro, dan Mojokerto. Untuk lokal dari berbagai kecamatan di Tuban," kata Rizki sapaan akrabnya.

Diprakirakan pemuda yang tergabung dalam Komunitas Pemuda Mandiri (KPM), peserta akan terus bertambah karena ada yang konfirmasi tapi masih perjalanan. Adapun penilaiannya mencakup kreatifitas penerbangan, ketenangan di atas langit, dan kreasi kombinasi warna yang unik.

Festival layang ini juga direncanakan jadi agenda tahunan bagi desa ring 1 perusahaan Semen BUMN. Selain mendorong warga kreasi, dalam jangka panjang juga menjadi daya tarik wisata.

Pantauan di lokasi, festival yang semula diagendakan pukul 09.00 Wib harus diundur hingga pukul 13.00 Wib, karena persoalan cuaca. Di wilayah tersebut angin kencang baru muncul setelah pukul 12.00 Wib.

Kendati demikian, warga sekitar tak surut dan terus berbondong-bondong memadati lokasi. Beberapa jenis layangan yang ikut festival mulai jenis naga, ikan lele, wayang, perahu, hingga burung bangau. [ali/rom]