Rapat Koordinasi dan Simulasi Karhutla Kecamatan Jatirogo

Reporter:  M. Anang Febri

blokTuban.com - Dalam rangka penanggulangan bencana, serta upaya pencegahan dan kesiapsiagaan terhadap bencana kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Kecamatan Jatirogo, segenap Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimka) Jatirogo melakukan rapat koordinasi.

Dalam giat yang juga melibatkan sejumlah elemen penting terkait, seperti tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban Posko Jatirogo, Kepala Resort Pemangku Hutan (KRPH), Polisi Hutan, serta tokoh masyarakat, kegiatan ini juga diselipi dengan simulasi Karhutla.

"Ada penyuluhan langkah-langkah dalam upaya Pemadam Kebakaran, khususnya Karhutla serta simulasi," ujar Bobi Kalimanjaro, personil BPBD Tuban Posko Jatirogo yang juga mengikuti giat simulasi dan rapat koordinasi, Senin (23/9/2019)

Ditambahkannya lagi, agenda rapat koordinasi beserta giat simulasi  yang diadakan oleh Forkopimka Jatirogo bekerjasama dengan Perhutani itu merupakan pembelajaran dan langkah pasti yang harus dilakukan bilamana terjadi kebakaran hutan dan lahan.

Selain itu, himbauan kepada masyarakat juga ditegaskan oleh Kepolisian Sektor (Polsek) Jatirogo dan Perhutani, agar tidak membakar hutan dan lahan. Sebab hal itu sesuai dengan peraturan pemerintah, pasal 108 Undang Undang nomor 32 tahun 2009. [feb/ito]