IMI Jatim Bidik Alun-Alun Tuban Sebagai Lintasan Roadrace

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Even gelaran otomotif yang ada di Bumi Wali Kabupaten Tuban terbilang cukup variatif dari wilayah kabupaten maupun kota tetangga sebelahnya.

Kendati begitu, masih ada 1 hal yang kiranya masih luput, serta menjadi pembahasan lanjutan Ikatan Motor Indonesia (IMI) Jawa Timur (Jatim). Yakni gelaran event Roadrace Bumi Wali.

IMI Jatim melauli Maulana Khusna Surendra menyampaikan, wilayah Karesidenan Bojonegoro yang juga mencakup wilayah Kabupaten Tuban, sementara ini yang bisa dipakai untuk kompetisi road race hanya Bojonegoro.

"Kalau di Tuban ini, sirkuit yang belum nemu. Kita berharap juga bisa main di Tuban," kata lelaki yang sering disapa Lana itu.

Kepada blokTuban.com di sela aktivitas kompetisi Bumi Wali Dragbike di Jl. Soekarno Hatta Tuban, ia mengungkapkan bahwa beberapa waktu lalu sempat bertemu dan rapat dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Tuban. Dinas dan pihak lain yang bersangkutan terkait perijinan, mulai dari pihak kelurahan, kecamatan, Dinas Pendapatan Daerah, PU Tuban, Polres Tuban, beserta Polsek datang semua dalam rapat.

"Kita sampaikan harapan kita bisa main, bisa mengadakan road race di Kabupaten Tuban. Sirkuit yang kitasurvei itu di Alun-alun," jelasnya.

Meskipun ada beberapa pertimbangan soal, sambungnya, seperti kendala tak diperbolehkan karena memutar, ada makam Sunan Bonang, juga bagian Alun-Alun sebelah utara sebagai jalur Pantura, yang pasti akan mengundang kemacetan, pihaknya juga telah melakukan survei terlebih dulu.

"Sudah disurvei, kita gunakan jalur leter T sebelah timur Alun-alun. Jadi, lewat Koramil ke selatan, putar balik, terus, belok kiri ke Pemkab, gak sampai pertigaan putar balik, terus, belok kiri ke utara, putar balik lagi," terangnya menggambarkan skema bakal lintasan road race Bumi Wali.

Dari hasil pertimbangan dan survei, maka IMI Jatim menghendaki sirkuit road race di Alun-alun Tuban ditempatkan sebelah timur. Sedangkan penempatan Paddock, bisa tempatkan ditengah Alun-alun.

"Itu kan tidak mengganggu jalur Pantura, maupun wisata Sunan Bonang. Kemarin untuk Dinas-Dinas terkait sih kayaknya welcome juga. Nanti tinggal prosedur perizinan. Kita harus ajukan ke Pak Bupati, nanti tunggu disposisinya bagaimana," lengkapnya.

Tak cukup sampai disitu, angin segar juga didapat oleh IMI Jatim. Sebab adanya wacana pemerintah Kabupaten Tuban, terkait GOR yang akan dilakukan pengaspalan. Rencana usai diaspal, sekitar GOR akan dibuat latihan untuk balap motor.

"Ya, syukur-syukur bisa untuk sikuit roadrace Mas," pungkasnya kepada blokTuban.com. [feb/ito]