Festival Perahu Hias Cara Nelayan Pesisir Tuban Rayakan Kemerdekaan

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Tak seperti biasa, pada Sabtu (21/9/2019), puluhan perahu milik nelayan Desa Socorejo, Kecamatan Jenu sedap dipandang. Bukan hanya cat baru, tapi seluruh badan perahu dihias.

Perahu dengan berbagai ukuran berjajar di bibir pantai. Tepat pukuk 07.00 Wib, komando pemberangkatan didengungkan. Arak-arakan perahu di pesisir Laut Jawa itu, sangat meriah.

Panitia sengaja tak membatasi tema pada festival kali ini. Nelayan diberi kebebasan menghias perahunya untuk tampil yang terbaik. Perahu yang dinilai juri sebagai pemenang, pemiliknya akan menerima hadiah.

"Ada puluhan perahu yang ikut festival tahunan di sini," kata Direktur BUMDes, Rohmat Hidayat ketika ditemui reporter blokTuban.com di lokasi.

Rohmat menegaskan, festival tahunan juga menjadi cara nelayan dan masyarakat merayakan kemerdekaan Indonesia yang ke-74. Rata-rata hiasan perahu berbasis kearifan lokal desa setempat.

Apapun bentuk hiasan perahu diapresiasi Kepala Desa Socorejo, Arief Rahman Hakim. Nelayan di desa ring 1 industri dituntut untuk berinovasi, salah satunya dalam kegiatan ini.

"Sangat meriah dan masyarakat antusias pada festival tahun 2019. Kami Pemdes bangga," sambungnya.

Kang Arief juga berterimakasih kepada semua stakeholder perusahaan sekitar yang turut menyukseskan acara. Semoga sinergi ini terus berjalan, dan membawa manfaat bagi masyarakat sekitar.

Hadir dalam acara kali ini Bupati Tuban Fathul Huda bersama dinas terkait, BPJS Ketenagakerjaan, perwakilan perusahaan, dan tamu undangan lainnya. Mereka juga ikut meresmikan Socorejo menjadi desa sadar BPJS Ketenagakerjaan tahun 2019. [ali/rom]