15 Kampus Ikuti Seminar Penelitan dan PKM di Unirow

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Bertempat di perpustakaan lantai III Kampus Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Unirow menggelar Seminar Nasional Penelitan dan Pengabdian Kepada Masyarakat (SNasPPM), Sabtu (21/9/2019).

Seminar nasional ke-4 tersebut mengusung tema “Desiminasi Hasil Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Menuju Era Industri 4.0 dan New Society 5.0”.

Ketua panitia seminar, Riska Andriani mengatakan, selain seminar nasional, kegiatan ini juga ada presentasi para pemakalah hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang diikuti oleh 15 perguruan tinggi.

"Kegiatan ini diikuti 15 perguruan tinggi dengan peserta 112 orang yang terdiri dari pemakalan ataupun non pemakalah,” terang Riska.

Disampaikannya, untuk 15 peserta dari perguruan tinggi tersebut diantaranya yaitu Universitas PGRI Ronggolawe Tuban, Universitas Katolik Widya Mandala Madiun, Universitas Islam Majapahit, Politeknik Indonusa Surakarta, Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta (STKW) Surabaya, Tanri Abeng University, Universitas Sumatera Utara, Universitas Islam Lamongan, Universitas Darussalam Gontor, IKIP PGRI Bojonegoro.

"Selain itu ada Universitas PGRI Banyuwangi, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya, Universitas Wijaya Putra Surabaya, STIKES Maharani Malang, dan STKIP Al Hikmah Surabaya," tandasnya.

Sementara itu, para peserta yang menjadi pemakalah berjumlah 112 orang dengan 75 pemakalah dari S2, S3, umum, 3 pemakalah dari S1, mahasiswa, 30 co. writer dan 4 mahasiswa dan umum.

Sementara itu, Rektor Unirow Tuban, Supiana Dian Nurtjahyani mengapresiasi kegiatan seminar nasional tersebut, menurutnya kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian perguruan tinggi dalam memajukan keilmuan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Rektor dua periode tersebut berharap, mahasiswa dan dosen menjadi garda terdepan dalam memajukan ilmu pengetahuan. "Dosen dan mahasiswa harus menjadi garda terdepan dalam pengembangan ilmu pengetahuan, sehingga bisa memberikan manfaat kepada masyarakat,” ungkap Rektor Unirow Tuban.

Sebatas diketahui, dalam kegiatan tersebut turut hadir sebagai Keynot Speaker, Prof. Dr. Okid Parama Astirin dari Universitas Sebelas Maret Surakarta, Fourry Handoko dari Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang serta Invited Speaker, Dr. Sri Rahmaningsih dari Universitas PGRI Ronggolawe Tuban dan Satya Irawatiningrum dari Universitas PGRI Ronggolawe Tuban. [hud/rom]