Gempa di Perairan Tuban Dirasakan Hingga Luar Pulau Jawa, Begini Penjelasan BMKG

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Gempa bumi dua kali yang terjadi di perairan utara Kabupaten Tuban, tepatnya di titik 58 Kilometer (KM) Barat Laut Tuban atau pada koordinat 6.4 Lintang Selatan (LS) - 111.84 Bujur Timur (BT) sempat dirasakan di berbagai daerah di pulau Jawa.

Bahkan, menurut Kepala Kantor Stasiun Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Tuban, Desindra Deddy Kurniawan, gempa tersebut juga dirasakan di luar pulau jawa, seperti di Madura, Bali dan wilayah di NTB.

"Gempa ini dirasakan cukup luas seperti di Bandung, Yogyakarta, Bali hingga NTB," terang Desindra Deddy Kurniawan saat ditemui dikantornya, Kamis (19/9/2019).

Menurut Indra, meski getaranya dirasakan cukup luas namun gempa dua kali yang terjadi pada pukul 14.06 WIB dengan kekuatan 5,6 Skala richter dan pukul 14.31 WIB dengan kekuatan 6,0 Skala richter tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Dia juga menjelaskan, kenapa gempa tersebut dirasakan di wilayah yang cukup luas. Dari analisis sementara hal itu dikarenakan gempa yang terjadi di perairan Tuban tersebut dalam sehingga spektrum gempa dirasakan di wilayah yang cukup luas.

"Untuk kedalaman gempa, gempa yang pertama kedalamnya 655 Kilometer dan gempa yang kedua 648 Kilometer," tandasnya.

Diimbau, kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Selain itu masyarakat agar tetap terus waspada dab terus memperhatikan informasi dari BMKG.

"Kami akan terus memantau dan melakukan monitoring terkait kejadian gempa di utara perairan Tuban ini. Sehingga bila nanti ada potensi gempa susulan maka akan segera di informasikan kepada masyarakat," pungkasnya.

Sementara itu, rilis BMKG menyebut gempa ini dirasakan di Madura, Malang, Denpasar, Mataram, Lombok Barat, Lombok Tengah, Sumbawa, Bima dengan skala III Modified Mercalli Intensity (MMI) atau seperti getaran seakan akan truk lewat. Kemudian Cilacap, Purworejo, Yogyakarta, Lumajang, Tuban, Trenggalek, Surabaya, Bandung II- III MMI seperti getaran benda-benda ringan yang digantung bergoyang.[hud/ito]