Refleksi Hari Inspirasi Bagi KI dan Murid di Bumi Wali

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban. com - Sabtu 14 September 2019 kemarin merupakan Hari Inspirasi Kelas Inspirasi (KI) Tuban 4. Saat itu ribuan siswa di Bumi Wali, sebutan lain Kabupaten Tuban, mendapatkan beragam ilmu, pengetahuan, serta inspirasi guna bekal kehidupan genarasi muda dimasa depan.

Kelas Inspirasi Tuban 4 yang terbagi dalam sepuluh rombel di 10 zona inspirasi, menyasar murid yang duduk di Sekitar Dasar Negeri (SDN) di wilayah Kecamatan Bancar, di antaranya SDN Cingklung, SDN Sidomulyo, SDN Ngujuran II, SDN Ngampelrejo, SDN karangrejo I, SDN Karangrejo II, SDN Kayen I, SDN Kayen II, SDN Latsari III, dan SDN Latsari IV.

"Kita libatkan sekitar 150 relawan untuk bergabung. Relawan Kelas Inspirasi Tuban hadir dari berbagai profesi yang berbeda dan datang dari seluruh penjuru negeri, untuk mendidik, memberi pengetahuan, dan membangkitkan inspirasi siswa-siswa di Bumi Wali, khusunya Kecamatan Bancar," ujar Fauzi Hendratmoko, relawan KI asal Tuban.

Para relawan sengaja berkenan datang dari kota-kota besar Indonesia, seperti wilayah Kalimantan, Makassar, Jakarta, Tegal, dan kota-kota lainnya untuk memperkenalkan betapa mulia dan bernilai profesi masa kini, yang mana profesi satu sama lain punya kelebihan serta keutamaan bagi masyarakat banyak.

Dari hal-hal kecil yang sudah dilakukan inilah, yang nantinya dapat membuat siswa-siswi murid Sekolah Dasar bisa termotivasi untuk menggapai segala impiannya. 

"Jangan pernah takut untuk bermimpi, dan teruslah berlari untuk menggapai mimpi. Untuk para relawan yang menyempatkan waktunya memotivasi calon generasi emas di Bumi Wali, semoga apa yang sudah dilakukan dapat dicatat sebagai tabungan amal jariyah," pesan lelaki yang juga sebagai Dosen pada salah satu Universitas di Kabupaten Tuban ini, Senin (16/9/2019).

Relawan-relawan KI yang terbagi atas relawan fasilitator, relawan dokumentator, dan relawan pengajar berbaur jadi satu dengan visi misi searah. Utamanya relawan pengajar, yang datang dari berbagai kalangan profesi dimana nanti mereka akan bercerita seputar profesinya kepada anak-anak SD di zona inspirasi.

"Tujuannya supaya siswa terinspirasi, termotivasi, dan berani bercita-cita yang tinggi," pungkasnya kepada blokTuban.com. [feb/col]