Melestarikan Budaya, Desa Prunggahan Kulon Bersama Megalamat Kirab Pusaka

Reporter: Nidya Marfis H.


blokTuban.com - Memperingati Tahun Baru Islam, atau biasa dikenal bulan Suro, Komunitas pelestari budaya Tosanaji Megalamat Tuban berkolaberasi dengan Desa Prunggahan Kulon, menyelengarakan jamasan dan kirab pusaka berpusat di Pendopo Kridha Wicaksana, Desa Prunggahan Kulon,  Kecamatan Semanding.

 Anggota komunitas Megalamat, Yusuf mengatakan, kegiatan ini bertujuan memperingati Tahun Baru Islam dan juga untuk melestarikan budaya khususnya Tosanaji berupa benda pusaka, seperti kres, tombak, pedang dan lain sebagainya.

"Untuk melestarikan budaya yang sudah ada sejak dulu,"ungkap Yusuf, Minggu (15/9/2019).

Ia berharap, kegiatan yang sudah diadakan dua kali berturut - turut nantinya dapat menjadi agenda tahunan di Desa Prunggahan Kulon. Selain itu, kegiatan yang diikuti 1000 peserta dari warga Desa Prunggahan Kulon dan 10 komunitas budaya se - Kabupaten Tuban ini, juga sebagai sarana untuk memperkenalkan budaya leluhur kepada generasi muda. "Dapat terus dilestarikan agar tidak punah,"ungakpnya.

Hal senda juga diungkapkan, Seketaris Kecamatan Semanding, Singgih Sunyoto mengatakan,  negara yang besar merupakan negara yang mengenal dan cinta kepada sejarahnya termasuk budaya, dimana harus selalu dipelajari tidak punah.

 "Kegiatan ini menandakan, masyarakat masih sangat mencintai budayanya,"tandasnya.  [nid/ito]