Ikuti Lomba Green & Clean, Begini Cara Hidup Warga Kelurahan Perbon

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Untuk mengikuti Lomba Green & Clean di Kabupaten Tuban, RW 08 Kelurahan Perbon, Kecamatan Tuban telah bekerja keras. Dimana 70 persen fokusnya pada lingkungan yang sehat dimulai dari rumah masing-masing warga.

RW 08 Kelurahan Perbon yang terletak di Perumahan Permata Bonang memiliki 4 RT. Masing-masing RT sudah pernah juara Lomba Bank Sampah tingkat Kabupaten Tuban berturut-turut selama 4 tahun, dan juara Lomba Kampung Indah Berseri (KIB) juga berturut-turut selama 4 tahun.

Jika selama ini 70 persen kedua lomba tersebut terfokus pada lingkungan hijau, bersih, indah dan rapi serta sistem pengelolaan sampah organik / unorganik dengan benar di dukung aktifnya bank sampah di masing-masing RT, kali ini RW 08 kelurahan Perbon mengikuti Lomba Green and Clean fokusnya berbeda.

Ada lima fokus lingkungan sehat di antaranya, setiap rumah harus memaksimalkan lahan yang dimilikinya dengan tanaman sayur, buah dan toga. Setiap rumah memiliki peliharaan ikan, ayam atau burung puyuh sebagai sumber protein keluarga.

Rumah sehat, bersih dan bebas jentik nyamuk dengan pengelolaan jamban dan sanitasi yang benar. Setiap hari setiap keluarga sudah mengkonsumsi sayur dan buah. Terakhir menjaga lingkungan sekitar agar tetap bersih, indah dan hijau.

Ketua RW 08 Perbon, Taheran Sidik Prabowo mengharapkan agar lomba green and clean ini dapat melengkapi sistem management hidup sehat dilingkungan perumahan yang dimulai dari kesadaran setiap warga. Melalui kesadaran HATINYA ( Hijau, Asri, Tertib, Indah dan Nyaman ).

Jika selama ini peran serta warga terfokus pada penataan lingkungan, maka lomba ini dapat menyadarkan bahwa hidup sehat itu dimulai dari setiap rumah warga dengan melengkapi setiap rumah mereka untuk menanam sayur, buah, toga meskipun dengan melakukan rekayasa sistem tanam di lahan yang sempit.

Lomba Green and Clean ini dimotori oleh pergerakan Ibu-ibu PKK mulai dari tingkat RT, RW, Kelurahan, Kecamatan bahkan dihadiri langsung oleh Ketua Penggerak PKK Kab. Tuban, Qodriyah Fathul Huda yang dalam kesempatan tersebut telah menyerahkan bibit tanaman sayur dan buah untuk ditanam oleh warga dilingkungan RW 08 Permata Bonang Kelurahan Perbon Tuban.

"Dalam kesempatan tersebut hadir pula Kepala Kelurahan Perbon beserta Ibu, Kepala Kecamatan Tuban beserta Ibu," tutup Taheran. [ali/col]