PC Fatayat NU Tuban Berikan Pelatihan Konselor Keluarga

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Dalam rangka menekan angka perceraian di Kabupaten Tuban, Pimpinan Cabang (PC) Fatayat NU Tuban melalui Lembaga Konsultan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (LKP3A) mengadakan pelatihan Konselor Keluarga, di Gedung Korpri Komplek Pendopo Krido Manunggal Tuban.

Pelatihan yang diselenggarakan selama dua hari yakni, Sabtu dan Minggu (7-8/9/2019) tersebut, diharapkan bisa mencetak konselor keluarga baru yang bisa memberikan konseling kepada keluarga yang mempunyai masalah. Sehingga, dengan bantuan para konselor tersebut segala permasalahan keluarga dapat diminimalkan.

"Harapannya, setelah pelatihan ini para peserta bisa menjadi konselor untuk memberikan konseling keluarga. Sehingga keluarga yang punya masalah bisa dibantu untuk meminimalkan masalahnya," terang Ketua PC Fatayat NU Tuban, Umi Kulsum.

Dalam pelatihan itu turut diikuti oleh 60 orang yang terdiri dari pengurus PC Fatayat NU, Ketua PAC Fatayat se-Kabupaten Tuban, Perwakilan KUA, Penyuluh Agama, Dinas terkait, serta perwakilan ormas perempuan di Kabupaten Tuban.

Umi mengatakan, dalam kegiatan pelatihan itu, selain dari Pengadilan Agama (PA) Kabupaten Tuban, pemateri juga merulakan Guru Besar UIN Malang, yaitu Prof.DR.Hj.Mufidah dan tim. Sedangkan untuk materi yang disampaikan diantaranya adalah tentang:

- Psikologi Keluarga 
    Perspektif Gender
- Konseling Dalam
    Perspektif Islam dan
    Gender
- Prinsip-prinsip dan Etika
    Konseling
- Sikap dasar Konselor
- Keterampilan Dasar
    Komunikasi dalam
    Konseling
- Problem Solving
    Konseling Keluarga
- Simulasi Konseling
    Keluarga