5 Sosok yang Serius di Pilkada Tuban 2020 Lewat PDIP

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - DPC PDI P Tuban sampai dengan hari Minggu (8/9/2019) telah menerima lima orang yang mengambil berkas formulir bakal calon bupati dan wakil bupati di Pilkada Tuban 2020. Partai bergambar banteng moncong putih ini terbilang laris, karena banyak diminati oleh sejumlah sosok yang bermodal.

Sejak 5 September lalu, DPC PDIP Tuban telah memulai membuka penjaringan bakal calon kepala daerah untuk Pilkada Tuban tahun depan. Berakhirnya penjaringan ini sampai 14 September 2019, dan data calon peserta Pilkada harus diterima oleh DPP paling akhir 23 September mendatang.

Sosok pertama ada Adi Widodo yang telah mengambil berkas pencalonan Bupati untuk Pilkada Tuban 2020 di hari-hari pertama penjaringan. Kendati demikian, pria dari Kecamatan Bangilan Tuban yang juga sukses di dunia perminyakan alias bos minyak ini masih belum menyerahkan berkasnya.

Hari kedua ada Eko Wahyudi atau akrab disapa Kang Yudi. Sosok ini dikenal sebagai pengusaha muda sukses atau Orang Kaya Baru (OKB) di Bumi Wali karena memiliki usaha PT Timbul Jaya.

"Dua orang sudah mengambil berkas penjaringan, sebagai bakal calon Bupati. Adi belum menyerahkan berkasnya, kalau Kang Yudi sudah menyerahkan tadi namun ada catatan kekurangan," kata Sekretaris DPC PDIP Tuban, Tulus Setyo Utomo.

Sosok ketiga diungkap Bapilu DPC PDIP, Sandi. Dia adalah Afwan Maksum kader partai banteng moncong putih. Afwan maju di Pilkada Tuban 2020, setelah menyelesaikan masa jabatannya sebagai anggota DPRD Jawa Timur. Di Pileg 2019, Afwan tidak terpilih lagi.

Tokoh penting lainnya yang bakal meramaikan Pilkada yaitu, Setiajit yang saat ini menjabat Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jawa Timur. Pria kelahiran Tuban ini maju lagi, setelah pernah kalah diurutan ketiga pada Pilkada Tuban 2011 silam.

Setelah Setiajit bertolak dari kantor DPC PDIP, giliran Kepala Desa Bejagung, Kecamatan Semanding, Aang Sutan yang mengambil formulir. Berbeda dengan empat sosok sebelumnya, Aang justru berniat maju jadi wakil bupati.

"Saya kader murni PDIP rekam jejak di antaranya terpilih dua periode menjadi Kades," katanya kepada pengurus PDIP. 

Pilkada Tuban 2020 diperkirakan akan jauh lebih menarik dibandingkan Pilkada Tuban 2015. Karena pada Pilkada Tuban 2015, hanya ada dua pasangan calon yang bertarung, yakni calon petahana dan calon dari independen, dimana semua partai kompak mendukung calon petahana. [ali/col]