Bupati Ajak Masyarakat Teladani Sunan Bonang

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Pengajian umum dalam rangka acara puncak Haul Ke-510 Syeikh Maulana Makhdum Ibrahim (Sunan Bonang) diselenggarakan di Alun-alun Kabupaten Tuban, Kamis (5/9/2019) malam.

Acara pengajian umum tersebut, turut hadir pembicara kondang dari Yogyakarta, Ahmad Muwafiq (Gus Muwafiq), Bupati Tuban, Wakil Bupati Tuban serta segenap Forkopimda Tuban juga seluruh Pengurus Yayasan Mabarrot Sunan Bonang.

Dalam sambutannya, Bupati Tuban H. Fathul Huda mengatakan, acara haul Sunan Bonang yang diselenggarakan setiap Bulan Muharrom ini merupakan acara haul waliyullah yang paling ramai di tanah jawa.

"Haul ini adalah acara haul yang paling ramai dan yang paling banyak peziarahnya," ujar Bupati Tuban.

Disamping itu, Bupati juga menyampaikan sedikit kisah tentang perjuangan Sunan Bonang yang patut diteladani oleh masyarakat, khususnya masyarakat di Kabupaten Tuban. Salah satunya, adalah teladan untuk mencintai lingkungan sekitar.

"Bila cinta kepada Sunan Bonang, maka kita harus bisa meneladani perjuangan Sunan Bonang," terang Bupati Tuban.

Sementara itu, disampaikan oleh perwakilan panitia, H. Ahmad Hidayaturrahman, menurutnya berbagai rangkaian acara haul Sunan Bonang ke-510 ini sudah mulai dilaksanakan pada 16 Agustus lalu, yakni ziarah bersama di Makam Sunan Bonang.

Kemudian dilanjutkan dengan acara pertemuan Ulama' Umaro', Tahtimul Qur'an Bin Nadhor, Tahtimul Qur'an Bil Ghoib, Pentas Salawat Seni Hadrah, Khitanan Massal, Tahlil Akbar dan puncaknya Pengajian Umum. [hud/rom]