Dilalap Si Jago Merah, Rumah Warga Penambangan Rata dengan Tanah

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Satu rumah warga milik Winarko (38) di Dusun Molo, Desa Penambangan, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, rata dengan tanah usai dilalap si Jago Merah, Jumat (30/8/2019) pagi.

Beruntung dalam kejadian itu tidak ada korban jiwa lantaran pemiliknya sedang berada di luar rumah. Namun, akibat kebakaran itu keluarga Winarko tidak lagi bisa menampati rumahnya kembali.

Informasi yang dihimpun blokTuban.com, kejadian kebakaran rumah berukuran 4x9 meter itu terjadi sekitar pukul 08.29 WIB. Saat itu pemilik rumah sedang keluar semuanya. Dan sebelum meninggalkan rumah korban habis memasak di dapur menggunakan tungku.

"Diduga penyebab kebakaran itu dari dapur, yang kebetulan habis memasak dengan tungku," terang Plt. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban, Emil Pancoro.

Kemudian sekitar pukul 09.28 WIB petugas Pos Damkar Kabupaten Tuban menerima laporan adanya kebakaran, dan langsung meluncur ke lokasi untuk memadamkan api.

Dengan mengerahkan 2 unit Armada, api berhasil dipadamkan sekitar pukul 10.10 WIB. "Api dapat dipadamkan dengan mengerahkan 2 unit mobil Damkar, kemudian dilakukan pembasahan dan memastikan api tidak menyala kembali," jelas Emil.

Diketahui, selain meludeskan rumah milik Winarko kebakaran menjalar ke dinding rumah milik Susanti yang berdekatan dengan rumah korban. Selanjutnya, tim Rehabilitasi dan rekontruksi BPBD Tuban melakukan perhitungan kerugian materi akibat kebakaran tersebut.[hud/rom]