Panitia PHBN Kerek Agendakan Lomba Tongklek Besok

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Semarak Kemerdekaan Republik Indonesia di tahun 2019 ini, Panitia Peringatan Hari Besar Nasional (PHBN) Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban akan kembali menyuguhkan perlombaan kesenian tradisional tongklek yang beberapa tahun terakhir ini ditiadakan.

Lomba yang dijadwalkan besok 30 Agustus 2019 tersebut, rencananya bakal diikuti 25 group tongklek dari berbagai wilayah, baik dari Kecamatan Kerek maupun dari luar Kecamatan Kerek.

Menurut Koordinator Lomba Tongklek PHBN Kecamatan Kerek, Ari Megantara pada kegiatan ini pihaknya nanti akan membuat perlombaan tongklek yang berbeda, dengan suguhan atraksi dan teatrikal dari setiap peserta.

"Peserta wajib membawakan irama lagu bernuansa Islami dan Perjuangan disaat Start dengan durasi masing-masing 3 menit. Selain itu peserta diperbolehkan melakukan teatrikal selama perjalanan dengan tidak melebihi waktu yang ditentukan yaitu 5 menit," ujar pria yang akrab disapa Ari tersebut, Kamis (29/08/2019).

Pria asal Desa Kedungrejo tersebut juga menyatakan, peserta tidak diperkenankan berbuat rasis baik terhadap peserta lain maupun terhadap penonton.

"Peserta diharapkan tidak mengganggu, membuat gaduh, memprovokasi dan membahayakan peserta lainya serta dilarang membawa senjata tajam dan minuman keras, serta tidak mabuk saat perlombaan berlangsung. Kemudian tidak membawa atau memakai atribut yang dilarang sesuai peraturan perundang-undangan, peserta juga dilarang membawa atau menyalakan, petasan, vlear ataupun sejenisnya," beber Ari.

Selain itu, Ari menjelaskan lomba tonglek nanti rencananya akan diberangkatkan oleh Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimka) Kerek tepat pukul 19.30 WIB, sehingga diharapkan peserta dapat hadir di lokasi 30 menit sebelum start dimulai.

Untuk kriteria penilaian juri, menurut Ari adalah kerapian, kekompakan, serta kreatifitas peserta akan menjadi perioritas juri dalam memberi nilai lebih. "Keselarasan irama tentunya akan menjadi modal utama bagi peserta untuk memperoleh poin lebih, disamping ketepatan tema dan aksesoris penunjang," tutupnya.

Dalam perlombaan tongklek nanti, rute yang ditentukan oleh panitia adalah sebagai berikut : Start di Halaman SDN Margomulyo-ke Timur-Tugu Kerek-Ke Selatan-Perempatan Desa Jarorejo-ke Barat-Desa Simbatan-Dusun Dukoh-Perempatan Dukoh Margoprejo-ke Timur dan Finish di Lapangan Desa Margomulyo.[hud/ito]