Dongkrak Ekonomi Desa, Perputaran Uang di Bazar Socorejo Capai Rp100 juta

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Bazar merupakan salah satu agenda yang banyak digelar oleh Panitia Hari Besar Nasional (PHBN) dalam rangka merayakan Dirgahayu Republik Indonesia (RI) ke-74. Salah satunya di Desa Socorejo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban di tahun 2019 ini. 

Desa ring 1 PT Semen Indonesia (Persero) menggelar event bazar selama delapan hari, mulai 15 sampai 22 Agustus 2019. Perekonomian desa mendadak terdongkrak, karena dalam kurun waktu itu ada Rp70-100 juta uang yang berputar. 

"Artinya dalam semalam Rp10 juta lebih uang yang beredar di bazar," Kata Kepala Desa Socorejo, Arief Rahman Hakim ketika dikonfirmasi blokTuban.com, Kamis (22/8/2019).

Kang Arief biasa disapa menjelaskan, bazar dan pasar murah sengaja dihadirkan setiap tahun untuk meningkatkan kesejahteraan warganya. Melalui kegiatan yang berpusat di Lapangan Bazzoka ini, ada 29 stand dan 25 pedagang kaki lima yang ikut diberdayakan. 

Di samping itu, Pemdes beserta PHBN juga menghadirkan hiburan pasar malam dengan sembilan wahana. Dengan demikian, para orang tua yang datang bisa membeli makanan dan minuman sekaligus menemani anaknya bermain. 

Dalam bazar tidak hanya makanan yang dijajakan, tapi ada stand BPJS, pakaian, BUMDes yang menjual beras murah, agen BNI 46 dan kaffe. Koperasi dengan program simpan pinjam dan penerimaan nasabah juga turut hadir. 

"Selain menghibur, kami juga tak lupa membuka pelayanan. Prinsipnya Pemdes selalu melayani warga," terang alumnus PMII Yogyakarta itu. 

Salah satu misi Kang Arief menggelar bazar tahunan, yaitu mendorong Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) tumbuh. Data Pemkab Tuban menyebut, sedikitnya terdapat 60 ribu pelaku UMKM yang tersebar di seluruh Bumi Wali.

Dari jumlah yang ada, sektor UMKM di Tuban ini mampu menyumbang 48 persen pada total PDRB. Sekaligus mampu menyumbang 2,5 persen pada pertumbuhan ekonomi Tuban. [ali/lis]