Konsulat Jenderal Jepang Resmikan Bantuan Pendidikan di Tuban

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tuban, Budi Wiyana didampingi oleh Konsulat Jenderal (Konjen) Jepang, Masaki Tani meresmikan Gedung Madrasah Ibtidaiyah (MI) Muhammadiyah 1 Karangagung, Kecamatan Palang, Rabu (21/07/2019).

Penyerahan bantuan berupa enam ruang kelas serta kelengkapan sarana pembelajaran tersebut turut dihadiri oleh Ketua PD Muhammadiyah Tuban,  Kepala Dinas Pendidikan Tuban, Kepala Kesbangpol Tuban, Forkopimka Palang, serta warga desa setempat.

Dalam sambutannya, Sekda Tuban Budi Wiyana menyampaikan, terima kasih kepada Konjen Jepang atas bantuan yang telah diberikan kepada masyarakat di Kabupaten Tuban selama ini. Bantuan ini sangat berarti mengingat saat ini Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban tengah menggiatkan penguatan Sumber Daya Manusia (SDM) melalui sektor pendidikan dan kesehatan. 

"Pemkab Tuban sangat mengapresiasi dan mendukung segala upaya peningkatan SDM di Bumi Wali," kata Budi Wiyana.

Dia mengatakan, peningkatan kualitas pendidikan merupakan investasi guna untuk meningkatkan kualitas SDM. Pemkab telah menganggarkan dana hibah bagi lembaga pendidikan. Di samping itu, anggaran untuk pendidikan setiap tahun meningkat. Kurang lebih 20-25 persen dari total Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tuban.

Peningkatan kualitas pendidikan akan meningkatkan IPM, karenanya harus didukung dari masyarakat maupun lembaga.  Diharapkan Lembaga pendidikan negeri maupun swasta di berbagai tingkatan ikut mendukung upaya peningkatan kualitas pendidikan di Bumi Wali. 

Sementara itu, Konjen Jepang Masaki Tani menyampaikan, terima kasih atas sambutan yang diberikan. Pemberian bantuan kepada lembaga pendidikan merupakan wujud itikad baik dari Pemerintah Jepang dengan Pemerintah Indonesia.

Masaki berharap, bantuan yang telah diserahkan harus dirawat dan dimaksimalkan dengan sebaik mungkin. Sehingga murid-murid dapat belajar dengan lebih baik. "Sehingga lahir generasi produktif yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat Tuban," imbuhnya.

 Sementara itu, Ketua PD Muhammadiyah Tuban,  H. Nurul Yakin mengungkapkan ada sebanyak 25 lembaga pendidikan dikelola oleh Muhammadiyah Tuban. Salah satunya adalah STIE Muhammadiyah. Bantuan ini sangat mendukung usaha Muhammadiyah dalam upaya peningkatan SDM di Kabupaten Tuban. 

"Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung upaya Muhammadiyah dalam rangka dakwah amar ma'ruf nahi mungkar," pungkasnya.[hud/col]