Rumah Ambruk Disapu Angin, Lansia di Semanding Mengungsi

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Di musim kemarau 2019, bencana alam angin puting beliung mulai melanda Kabupaten Tuban. Hari ini Senin (19/8/2019) sebuah rumah di Dusun Jegong Rt 02 Rw 10 Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding ambruk. 

Rumah terdampak angin ribut tersebut milik lansia bernama Mantup (60). Diprakirkan jumlah kerugian mencapai Rp10 juta. 

Tim Jitupasna Rehabilitasi dan Rekontruksi BPBD Tuban, Frendi Setiawan mengatakan puting beliung terjadi kisaran pukul 14.00 Wib. Waktu itu kondisi Kabupaten Tuban cuaca cerah. 

"Kami langsung melakukan assesmen bersama kades dan sekdes desa terdampak bencana alam puting beliung," kata Frendi ketika dihubungi blokTuban.com.

Frendi menjelaskan mengingat korban terdampak bencana alam puting beliung tersebut tidak bisa beraktivitas seperti biasa, yang bersangkutan saat ini mengungsi di rumah saudara karena rumah roboh. 

Saran dari tim Jitupasna, maka sesegera mungkin dapat disalurkan bantuan sembako dan material genteng ataupun kayu.

Catatan blokTuban.com, hujan di bulan Juni 2019 disertai puting beliung juga telah merusak lima unit rumah milik warga di Desa Leran Kulon, Kecamatan Palang.

BPBD Kabupaten Tuban juga mencatat, ada sekitar 21 rumah warga yang rusak pada bulan Maret 2018. Rinciannya enam rumah rusak di Desa Penidon, Kecamatan Plumpang dengan kerusakan ringan, 6 unit rumah rusak sedang, dan 6 unit rumah rusak parah.

Sedangkan di Desa Compreng, Kecamatan Widang ada 14 unit rumah warga yang mengalami rusak sedang dan 3 rumah rusak parah. 

Masih di bulan Maret 2019, juga tercatat 11 rumah Desa Penambangan, Kecamatan Semanding disapu puting beliung.  

Sedangkan di bulan Januari 2019 salah satu warga di Dusun Lampah, Desa Sumberejo, Kecamatan Rengel ada yang meninggal dunia akibat tertimpa reruntuhan rumah milik sang anak saat dilanda puting beliung. [ali/col]