Peroleh Tujuh Kursi di DPRD, Tiga Partai Solid Deklarasi Fraksi

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Tiga Partai Politik (Parpol) di Kabupaten Tuban resmi mendeklarasikan Fraksi Restorasi Amanat Pembangunan (F-RAP) DPRD Kabupaten Tuban periode 2019-2024.

Deklarasi itu dilakukan di D'Amnu Jalan Al-Falah Tuban, pada Minggu (18/8/2019). Ketiga parpol yang telah solid mendeklarasikan fraksi tersebut adalah Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Dari fraksi ini, ada tujuh anggota DPRD Kabupaten Tuban yang terpilih pada Pemilu 2019. Acara deklarasi itu, turut hadir para pengurus parpol, relawan, serta para anggota dewan yang terpilih pada Pemilu 2019.

Selanjutnya, ketiga partai melakukan penandatanganan deklarasi fraksi yang dilakukan oleh masing-masing ketua. Dalam sambutanya, Ketua Panitia Deklarasi F-RAP DPRD Tuban, Rasmani menyampaikan, koalisi ini terbangun sejak bulan Ramadhan 2019 kemarin. Dan fraksi ini menyatakan sepakat untuk bergabung demi mengawal aspirasi masyarakat yang ada di Tuban.

"Terbentuknya fraksi ini untuk membangun Kabupaten Tuban lebih maju dan sejahtera,” kata Rasmani saat sambutan.

Lebih lanjut, dengan adanya fraksi poros baru ini diharapkan keberadaan anggota dewan bisa bermanfaat buat masyarakat luas. Termasuk untuk mengawal setiap kebijakan yang di ambil oleh eksekutif. Sementara itu, Ketua DPD NasDem Tuban, Sumantri berharap dengan dideklarasikanya fraksi ini.

Diharapkan fraksi ini bisa solid dan kompak baik di dalam gedung maupun diluar gedung DPRD Kabupaten Tuban, terlebih menjelang Pilkada 2020.

"Diharapkan koalisi ini tidak berakhir di gedung dewan saja. Tetapi berlanjut hingga Pilkada Tuban 2020, tujuannya untuk kesejahteraan masyarakat,” ungkap Sumantri.

Hal sama di sampaikan Ketua DPD PAN Tuban, Agung Supriyanto, disampaikanya fraksi ini untuk perubahan Tuban lebih baik, sejahtera, adil, dan makmur.

“Kesejahteraan bersama dapat terwujud dengan cara berkolaborasi bukan berkompetisi, dan akhirnya bermanfaat untuk masyarakat," tegas Agung.

Sementara itu, Ketua DPC PPP Tuban Aguk Sahabudin juga menyampaikan, terbentuknya fraksi ini bagian dari ijtihad politik untuk menata Tuban lebih baik. Sehingga terwujudnya masyarakat yang baldatun toyyibatun wa rabbun ghafur.

“Kesejahteraan masyarakat menjadi hal utama untuk kita perjuangkan, dan kita juga tidak ingin mendengar keluhan tentang pelayanan kesehatan,” kata Aguk Sahabudin.

Diketahui, dengan terbentuknya koalisi tiga parpol itu, maka ada sebanyak 7 anggota dewan yang terpilih pada Pemilu 2019, dengan rincian Nasdem 2 kursi, PAN 3 kursi, dan PPP 2 kursi.[hud/ito]