Ditinggal Hajatan, Dua Rumah di Sukorejo Ludes Terbakar

Reporter: M. Anang Febri 

blokTuban.com - Kebakaran kembali terjadi, kali ini meludeskan 2 rumah sekaligus milik warga RT/RW 05/02, Dusun Krajan, Desa Sukorejo, Kecamatan Parengan.

Api yang belum diketahui jelas dari mana sumber asalnya itu, meluluhlantahkan kediaman Dasri (35) dan Kromo Kasbi (65). Keduanya merupakan tetangga dekat yang saat kejadian berlangsung, semuanya tengah menghadiri acara hajatan pernikahan.

"Kronologi jelasnya bagaimana, kurang ngerti. Soalnya, tetangga sini ada hajatan pernikahan. Mereka semua ikut antar pengantin, dan nggak ada yang di rumah," terang salah seorang perangkat desa setempat, Pak Kis kepada blokTuban.com, Sabtu (17/8/2019).

Informasi lain yang dihimpun tim dilokasi kejadian, api pertama kali diketahui warga sekitar telah menjilat besar pada rumah Dasri. Rumah Dasri yang terbuat dari kayu utuh, dengan cepat dilalap api. Ditambah kuatnya hembusan angin saat itu, rumah milik Kromo Kasbi pun dengan cepat dirambat api.

Tak hanya itu saja, peristiwa yang terjadi sekitar pukul 20.00 WIB tersebut berdampak pada bangunan atap rumah milik Ramidi (35) beserta Warsito (40). Beruntung, warga mampu berjibaku mengantisipasi.

Warga setempat ketika kejadian berlangsung sempat dibuat panik. Namun, ada warga yang berinisiatif menghubungi tim Pemadam Kebakaran (Damkar) untuk menuju lokasi.

Sekira pukul  21.08 WIB, tim Damkar dari Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kabupaten Tuban melaui Pos Rengel hampir bersamaan tiba dilokasi dengan tim Damkar BPBD Kabupaten Bojonegoro.

Sejumlah personel Damkar dengan cepat mempersiapkan peralatan. Namun sayangnya setiba dilokasi, tim hanya bisa melakuakan pendinginan sisa kebakaran. Warga masyarakat setempat juga membantu tim Damkar dengan peralatan seadanya.

Tak selang lama, 2 armada Damkar tambahan dari Pos Jatirogo dan Tuban kota tiba dilokasi kejadian. Besaran api yang membakar rumah tersebut sampai menghabiskan lebih dari 5 tangki air Damkar. 

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Kendati begitu, rumah berukuran 15 x 10 meter milik Dasri dan rumah milik Kromo Kasbi dengan ukuran 8 x 10 meter telah rata jadi abu. Warga hanya bisa menyelamatkan barang-barang, seperti rak, dipan, almari, TV, juga peralatan rumah seadanya.

"Soal total kerugian material dari dampak kebakaran ini belum bisa kita taksir. Penyebab kebakaran pun masih kita selidiki. Besok, untuk tim BPBD bidang RR akan assesment. Habis itu ada kiriman dari tim KL," ujar Tim Damkar BPBD Kabupaten Tuban, Soleh usai ikut melakukan upaya pemadaman. [feb/lis]