Kepanasan, Puluhan Siswa Pingsan saat Upacara Kemerdekaan di Kecamatan Rengel

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Upacara peringatan ulang tahun ke-74 Republik Indonesia di Kecamatan Rengel, tepatnya di Lapangan Bahagia Desa Sumberejo, Kecamatan Rengel, diwarnai sejumlah peserta dari siswa sekolah pingsan.

Sejak pagi, ratusan siswa mulai SD/MI, SMP/MTs, juga SMA/SMK sederajat telah berkumpul di lapangan upacara. Sampai pada pengibaran bendera Sang Saka merah putih, beberapa anak tampak ambruk di tengah barisan.

Sontak saja, guru wali murid maupun tim dari kesehatan berjibaku menggendong siswa yang pingsan sebab lelah dan kepanasan, untuk dibawa keluar barisan untuk mendapatkan perawatan.

"Apa belum sarapan dari pagi tadi, sampai pingsan begini," tanya salah satu guru kepada murid yang pingsan usai siuman.

Beberapa murid yang lelah, lunglai pun mengaku jika memang sebelum acar pagi tadi belum sarapan. Sehingga daya tahan tubuh kurang, ditambah lagi panas yang mulai menyengat pada pukul 09.00 WIB, tepat pada pembacaan detik-detik proklamasi.

Kendati begitu, peringatan ulang tahun ke-74 Republik Indonesia yang diselenggarakan segenap pemerintah Kecamatan Rengel berjalan dengan lancar tanpa halangan yang berarti. Usai upacara, hiburan drumband dari murid SD dan MI wilayah setempat di dendangkan dengan irama khas kemerdekaan. [feb/rom]