3,2 Km Pantai Tuban Terpasang Sabuk Pengaman

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Kabupaten Tuban memiliki panjang pantai 65 Kilometer (Km), membentang dari Kecamatan Palang, Tuban, Jenu, Tambakboyo dan Bancar. Disaat cuaca buruk pantai rawan abrasi dan membuat daratan pantai semakin menipis.

Di awal semester 2 tahun 2019, tercatat sudah 3,2 Km bibir pantai yang terpasang sabuk pengaman. Program ini berada di Kecamatan Bancar dan Tambakboyo.

Pada Senin (12/8/2019), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI dan Balai Litbang KKP telah melakukan pemasangan dan evaluasi pemakaian sabuk pengaman pantai. Sabuk pantai tersebar di Desa Sukolilo Kecamatan Bancar 1.800 meter, dan Desa Gadon Tambakboyo 1.400 meter.

"Kemanfaatan sabuk pengaman bisa menahan abrasi sekaligus menambah luas daratan pantai," Kata Kepala Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Tuban, Amenan, ketika dihubungi reporter blokTuban.com, Selasa (13/8/2019).

Adapun kemanfaatan lain banyak dihasilkan kerang hijau yang menempel di sabuk pantai tersebut. Tentunya kondisi ini menjadi mata pencaharian tambahan bagi nelayan setempat.

Sabuk pantai dari geoisolator yang memanjang seperti ular raksasa berfungsi sebagai "sub merget" breakwater atau pelindung pantai ramah lingkungan.

Pada saat air Laut pasang, dia berfungsi menahan gelombang ombak dan menangkap pasir ke pantai. Sedangkan disaat air surut dia berfungsi menahan pasir kembali ke laut. Maka pantai yang dipasangi sabuk pantai akan muncul daratan baru.

"KKP terus mengevaluasi dan akan ditambah lagi karena kemanfaatannya besar," tutup Amenan. [ali/rom]