105 Kendaraan Semarakkan Takbir Keliling

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Bupati Tuban Fathul Huda memberangkatkan rombongan Takbir Keliling Idul Adha 1440 H/2019 M, Sabtu (10/8/2019) malam.

Mengambil start di depan kantor Pemkab Tuban, pemberangkatan turut dihadiri Ketua TP PKK, Sekretaris Daerah, Kepala Kantor Kemenag, Kepala BNNK, Wakapolres, Kasdim 0811 Tuban dan sejumlah pimpinan OPD.

Dalam sambutannya, Bupati Tuban menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh panitia, peserta dan masyarakat yang berpartisipasi. Kegiatan ini diniatkan untuk memakmurkan malam Idul Adha.

"Semoga yang dilakukan termasuk amal sholeh yang diterima Allah SWT," tuturnya.

Bupati Huda menerangkan, malam hari ini merupakan malam mulia dimana doa yang dipanjatkan di malam Idul Adha, bertepatan dengan jemaah haji yang wukuf di Arafah. InshaAllah doa yang dipanjatkan akan diijabah Allah.

Orang nomor satu di Bumi Wali ini berpesan agar dalam pelaksanaannya dilakukan dengan penuh khidmat. Malam Idul Adha harus diisi dengan takbir dan berdoa apa yang dihajatkan. "Sehingga senantiasa dalam penataan Allah dengan penataan yang sebaik-baiknya," harapnya.

Kepala Kemenag Tuban, Sahid mengungkapkan, 105 peserta takbiran berasal dari kendaraan dinas dan instansi pemerintah, BUMD, lembaga pendidikan, organisasi keagamaan, kepemudaan dan kemasyarakatan. Peserta mengumandangkan takbir di sepanjang jalan protokol dan finish di depan kantor Pemkab Tuban.

Adapun besok diagendakan Sholat Idul Adha berjamaah dilaksanakan dari Masjid Agung Tuban dan lanjutkan penyerahan hewan qurban secara simbolis oleh Bupati Tuban kepada Ta'mir Masjid Agung.

Data yang berhasil dihimpun dari Bagian Kesra Kabupaten Tuban, sampai malam ini ada 17 Sapi dan tujuh Kambing yang akan dibagikan kepada beberapa Masjid, Musholla, Pondok Pesantren, TPQ, Panti Asuhan yang tersebar di Seluruh Kecamatan se-kabupaten Tuban seta PCNU dan PD Muhammadiyah Kabupaten Tuban. [ali/rom]