Petugas Temukan Sejumlah Hewan di Tuban Tak Layak Kurban

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Petugas dari Dinas Perikanan dan Peternakan (Disnakkan) Tuban pada Jumat (9/8/2019) melakukan pengecekan hewan kurban di tempat penampungan di Kelurahan Perbon, Kecamatan Tuban. Di lokasi tersebut ada sejumlah hewan yang ditemukan tak penuhi syarat untuk disembelih. 

Kabid Kesehatan Hewan Disnakkan Tuban, Drh. Raden Basoeki Tjahjono menjelaskan pengecekan ini rutin setiap tahun. Tujuannya memberi pengertian kepada pengepul untuk menyiapkan lokasi yang layak, kemudian menyediakan hewan ternak yang bagus. 

"Syarat hewan kurban harus dipenuhi. Makanya kita lakukan pengecekan," kata Basoeki kepada blokTuban.com. 

Basoeki menambahkan, ada beberapa hewan juga umurnya belum cukup untuk dikurbankan. Nafsu makan baik, hewan kurban bisa berdiri semua, dan mata bersih. 

Temuan lain dari delapan ekor sapi yang tersedia, hanya tiga yang layak dikurbankan atau powel. Untuk kambing dari jumlah 90 ekor, hanya dua ekor yang tidak lengkap tubuhnya. 

"Tadi testis Kambing hanya satu," terangnya.

Petugas juga menemukan Kambing yang kurang sehat. Hewan tersebut langsung disterilkan supaya tidak sampai terjual oleh pengepul. 

Pasca pengecekan, pengepul setempat berkomitmen untuk memisahkan hewan kurban yang belum layak disembelih. Hewan akan dikembalikan dan diganti yang lebih layak, sesuai anjuran Disnakkan. [ali/lis]