Berburu Kerang Laut, Jadi Kerjaan Sampingan Nelayan

Reporter: Nidya Marfis H.

blokTuban.com - Puluhan warga di tepi pantai Kelurahan Karangsari, Kecamatan Tuban, ramai-rami berburu kerang yang bersembunyi di bawah pasir.

Berdasarkan pantuan blokTuban.com, puluhan warga dengan semangat menggali pasir menggunakan tangan kosong untuk mencari kerang laut.

Salah satu warga, Agus (50), asal Kelurahan Karangsari mengatakan, berburu kerang laut menjadi perkerjaan sampingan di sela-sela pekerjaan utamanya sebagai nelayan.

"Hanya pekerjaan sampingan, pekerjaan utamanya melaut," ungkap Agus.

Ia menjelaskan, berburu kerang laut paling mudah saat air laut sedang pasang, karena mempermudah untuk mengali pasir walapun dengan tangan kosong.

kerang-2

"Kalau air laut surut jadi sulit,  karena pasir keras harus pakai alat untuk mengali," ungkapnya.

Ia menambahkan, dalam sehari mulai pagi samapi sore, ia mampu mengumpulkan 5 kilogram kerang dalam kondisi bersih tanpa cangkang. Dan setiap satu kilogramnya ia jual Rp25 ribu.

"Alhamdulillah sehari bisa dapat Rp125 ribu," jelasnya.

Lebih lanjut, banyaknya warga sekitar yang berburu kerang. Hal tersebut menarik minat masyarakat yang sedang lewat untuk berhenti dan ikut-ikutan berburu.

Seperti, Abas (34) warga Desa Kembangbilo, Kecamatan Tuban ini mengatakan, tak sengaja melalui jalan panturan bersama keluarganya dan merasa penasaran dengan apa yang dilakukan warga sekitar, membuatnya berhenti.

"Tadi gak sengaja lewat sini, terus penasaran sama yang dilakukan warga dan ikut-ikutan berburu kerang," tandasnya.
[nid/rom]