Sampai di Embarkasi Surabaya, 3 CJH Tuban Batal ke Tanah Suci

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Tiga Calon Jemaah Calon Haji (CJH) asal Kabupaten Tuban, yang telah berada di Embarkasi Surabaya batal berangkat ke Tanah Suci Makkah dikarenakan sakit.

Ketiga CJH ialah Mundari asal Desa Jegulo, Kecamatan Soko, Sakim Sadimo asal Desa Rawasan, Kecamatan Jenu dari kloter 76 dan Karsih Sarijo asal Kecamatan Merakurak dari kloter 77.

Menurut Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umroh Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Tuban, Umi Kulsum menyampaikan, tim kesehatan di Embarkasi Surabaya menyatakan ketiga CJH asal Tuban tidak bisa berangkat karena faktor kondisi kesehatan fisik yang menurun.

"Ketiga CJH itu kondisinya sakit sehingga batal untuk berangkat ke tanah suci," terang Umi Kulsum, Kamis (8/8/2019).

Dia menjelaskan, saat prmberangkatan dari Tuban ketiga CJH tersebut kondisi fisiknya dalam keadaan baik dan dinyatakan bisa berangkat menuju ke Embarkasi Surabaya. 

"Namun saat pemeriksaan kesehatan ulang di Surabaya, kondisi fisik dan kesehatan ketiganya menurun sehingga dinyatakan tidak bisa terbang ke Arab Saudi," kata 

Ditambahkan, ketiga JCH yang batal berangkat tersebut beberapa di antaranya sudah ada yang dijemput keluarganya dan ada yang diantarkan panitia penyelenggara haji.

Sementara itu diketahui sebelumnya, sebanyak 883 CJH asal Kabupaten Tuban yang terdiri dari kloter 76 dan 77 tersebut diberangkatkan ke Embarkasi Surabaya oleh Bupati Tuban H. Fathul Huda di Pendopo Krido Manunggal Tuban, pada (1/8/2019).[hud/col]