Ini Bahaya Penggunaan Plastik untuk Bungkus Daging Kurban

Reporter: Nidya Marfis H. 

blokTuban.com - Menjelang Hari Raya Idul Adha, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tuban mengimbau kepada masyarakat, untuk menggunakan bahan alami saat membungkus daging kurban.

Idul Adha yang akan jatuh pada Hari Minggu 11 Agustus 2019, daging kurban akan dibagikan kepada mereka yang membutuhkan dengan dibungkus kantong plastik. Lalu, baikkah untuk kesehatan penggunaan kantong plastik untuk daging? 

Sekretaris Dinkes Tuban, Endah Nurul Komariyati mengatakan, bahan plastik warna terutama hitam, berasal dari bahan kimia yang ada partikel di dalamnya kemungkinan bisa tercampur dengan makanan.

"Saat kita makan, akan ikut masuk ke dalam tubuh," ungkap Endah. 

Lebih lanjut, meskipun daging telah dimasak menggunakan suhu tinggi. Ada kemungkinan bahan kimia tersebut tetap bertahan pada suhu tinggi. "Kalau bakteri akan mati pada suhu tinggi, tapi bahan kimia bisa jadi tahan terhadap suhu tinggi," ungkapnya. 

Untuk itu beliau menyarankan, pada perayaan setahun sekali yang dilakukan umat Islam itu. Lebih baik masyarakat menggunakan bahan alami untuk membungkus daging kurban, seperti daun jati, daun pisang, besek bambu dan bahan yang ramah lingkungan lainnya. 

"Lebih baik pakai daun, tidak ada bahan kimianya," tandasnya. [nid/lis]