Jelang Kurban, Harga Sapi di Pasar Hewan Tuban Naik

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Harga sapi di Pasar Hewan Tuban, Kelurahan Gedongombo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban menjelang Hari Raya Idul Adha 1440 H mengalami kenaikan, Minggu (4/8/2019).

Hal itu diungkapkan oleh salah satu pembeli, Febri Andrianto (30). Menurutnya, kenaikan harga sapi tersebut sudah terjadi sejak dua minggu terakhir, dan diperkirakan puncak kenaikan harga itu terjadi pada pasaran hari ini.

"Sudah mulai 2 minggu terakhir ini harga sapi naik, kenaikan terjadi kisaran 1- 2 juta dari harga biasanya," ungkap pria asal Kecamatan Semanding tersebut.

Hal senada juga disampaikan oleh salah satu petugas di pasar hewan Tuban Tulaman (54), menurutnya pada pasaran hari ini sapi yang masuk ada sekitar 1000 ekor sapi. Jumlah itu lebih banyak dibandingkan dengan pasaran sebelum-sebelumnya yang hanya 700 ekor sapi.

Adapun untuk jenis sapi yang paling banyak yakni, sapi limusin dan sapi Jawa. Dan rata-rata mendekati hari raya kurban ini semua harganya mengalami kenaikan.

"Memang harga sapi naik, per ekornya antara 1- 2 juta. Ya karena mau kurban ditambah banyaknya jumlah pembeli yang datang dari luar Tuban," pungkasnya.[hud/ito]